Lomba Pemilihan Top 10 CoE 2019 Versi Netizen Ditutup 10 Maret 2019

0
35

LIPUTAN1.COM, JAKARTA – Tidak mudah rupanya memproduksi contents untuk mempromosikan Calendar of Event 2019, agar dipilih para netizen. Pertama, membutuhkan materi foto yang “aman” dari hak cipta, sementara events 2019 belum berlangsung. Sementara, stock foto-foto tahun 2018 atau 2017 lalu, juga tidak semua punya? Terutama foto-foto events yang sudah masuk 100 Wonderful CoE Kemenpar.

Lomba Pilihan CoE 2019 Versi Netizen ini berhadiah total Rp 150 juta. Yang Rp 100 juta untuk kategori group, atau community. Sedang yang Rp 50 juta untuk kategori perseorangan. Satu orang boleh ikut perseorangan dan sekaligus ikut community/group.

Karena tidak punya stock materi foto atau video? Itu membuat banyak peserta kategori personal, tidak punya banyak pilihan untuk membuat konten menarik. “Karena ini akan segera disiapkan bank foto dan video yang bebas diunduh, untuk kepentingan lomba ini. Free. Foto-foto ini sumbangkan oleh anak-anak Genpi dan juga tim Kemenpar,” ungkap Don Kardono, Stafsus Menpar Bidang Komunikasi dan Media.

Buat kategori kelompok, atau komunitas, sifatnya terbuka, diposting melalui akun ofisial komunitasnya. Ada anak-anak Genpi dengan akun resmi, destinasi digital dengan akun yang dikelola oleh pasar, atau komunitas lain yang ingin ikut mengajak netizen memilih CoE yang paling keren.

“Yang sudah posting, tentu semakin oke, sudah start lebih dahulu, tinggal menggalang dukungan, mengajak netizen untuk ngelike, comments, share, sesuai pilihannya. Bagi yang belum sempat, karena kesulitan contents, masih ada waktu, kita longgarkan sampai 30 hari ke depan, ditutup tanggal 10 Maret 2019 dan diumumkan 15 Maret 2019,” kata Don Kardono.

Mungkin masih ada yang belum ngeh? Oke, kita akan jelaskan lagi, skemanya, agar lebih jelas dan gamblang. Lomba Pemilihan CoE 2019 versi netizen ini dibagi dalam 2 kategori. Pertama, kategori perorangan, berhadiah total Rp 50 juta, semua orang boleh ikut, boleh tampil, boleh beradu pengaruh di media social, mempromosikan CeO yang paling disukai.

Materi untuk kategori personal? “Boleh foto, boleh video, boleh infografis, boleh vlog, boleh foto dokumentasi event tahun lalu, boleh memproduksi sendiri, dengan materi apa saja untuk promosi CoE-nya. Boleh membuat beberapa materi juga, untuk CoE yang sama atau CoE yang berbeda, silakan saja!” ungkap Don Kardono.

Setelah diposting untuk kategori Facebook dan Instagram, silakan dipromosikan melalui personal blog, website, online media, termasuk di platform media social yang lain. Seperti Twitter, Line, Kakao, WeChat, Youtube, dll yang bertujuan mengajak netizen nge-like dan comments promo CoE yang sudah diposting di FB dan IG. “Mau pakai endorser atau influencer untuk ngelike dan comments postingan kalian juga boleh!” jelas Don Kardono lagi.

Kedua, kategori group, atau kelompok atau community yang total hadiah Rp 100 juta. Wajib diposting melalui akun official, boleh Genpi Provinsi, boleh Genpi Kabupaten/Kota, boleh Destinasi Digital atau akun pasar-pasar, atau komunitas apa saja yang concern di pariwisata. “Nah yang ini lebih seru lagi! Karena dibuat oleh community, yang tentu punya network yang sangat luas,” kata Don.

Buat Genpi Provinsi, kategori group ini bisa sekaligus mempromosikan semua events provinsi yang masuk CoE 2019. Tetapi mesti diposting satu-satu, yang menarik, baik dari sisi gambar atau foto atau video, maupun text storynya. Lalu bisa mengajak Disparprov-nya untuk mengerahkan semua digital social media assets yang dimiliki pemprov untuk nge-like, comments dan share.

“Saatnya kompak, antara Genpi atau komunitas Pariwisata lain, dengan masing-masing Disparprovinsi. Kalau berhasil, dan memenangkan lomba ini, lalu event-nya masuk top 10, maka eventnya semakin ngetop, dapat hadiah lagi? Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali ikut lomba, semua ikut menerima manfaat baik langsung maupun tidak langsung,” ujar Don Kardono.

“Para travelers pasti sudah punya pilihan event pariwisata terbaik versi mereka sendiri. Silakan diposting di media sosial, boleh foto, video, infografis, vlog, melalui media sosial. Silakan mencari teman yang juga sama-sama suka dengan event pilihan Anda, kita lombakan, siapa yang paling disukai netizen,” tambah Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dua kategori yang dilombakan, dengan total hadiah Rp 150 juta. Kategori pertama, buat individual alias umum. Siapa saja boleh posting di Instagram dan Facebook. Nanti, admin akan melihat jumlah like, comments dan share nya. Kategori ini akan diambil 25 pemenang di IG dan FB masing-masing Rp 1 Juta, jadi total Rp 50 juta.

Kategori kedua, untuk komunitas, kelompok, seperti Genpi – Generasi Pesona Indonesia di 34 Provinsi, destinasi digital atau pasar, dan komunitas lain yang concern di pariwisata. Mereka memposting dengan akun official. Silakan di posting melalui akun resmi di FB dan IG. Lalu dipromosikan melalui semua members, semua platform media sosial, untuk mendapatkan likers, comments dan share yang terbanyak.

Mereka juga bisa mencari endorser sendiri, influencer sendiri, mempromosikan dengan cara dan gaya sendiri. Ada ruang creative buat mereka dalam mempromosikan events yang masuk Wonderful CoE 2019 “Kita akan mencari 10 top events pilihan netizen, dari 100 CoE 2019 dan 10 Top CoE 2019 yang sudah dikurasi oleh tim,” jelas Menpar Arief Yahya yang baru saja menerima penghargaan sebagai Kementerian yang paling digital.

Jadi, anggota Genpi bisa ikut dua kategori sekaligus, individual sekaligus menjadi supporter di kategori community. Masyarakat umum juga, boleh ikut kategori personal, dan ikut menyumbang suara buat daerahnya melalui interaksi di akun Genpi. Khusus buat community Genpi Provinsi, mereka harus mempromosikan di twitter, mengajak netizen untuk menghebohkan CoE daerahnya hingga trending topic.

Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty mengajak netizen untuk ikut lomba berhadiah total 150 juta ini. Sekaligus mengajak netizen mengeksplore destinasi wisata di seluruh Indonesia. “Akan semakin banyak foto, video, infografis yang dibuat netizen sekaligus promosi 100 Wonderful CoE 2019 dan 10 Top CoE 2019,” ungkap Esthy Reko Astuty.

“Silakan mengajak netizen sahabat Genpi, untuk memviralkan sekaligus mengajak vote dalam bentuk like, share, dan comment. Termasuk mengajak netizen menjadikan events nya menjadi trending topic, menjadi bahan perbincangan publik di media sosial,” ujarnya.

Jangan lupa, sertakan caption singkat tentang CoE yang difavoritkan. “Semua peserta wajib follow dan mention akun @kemenpar @pesonaid_travel. Jangan lupa berikan hastag #100CoEwonderful2019 #10CoEpilihannetizen #CoE2019propinsi #Genpi,” bebernya.
Info jelas, akan diposting di Instagram dan Facebook oleh akun @PesonaId_Travel dan @Kemenpar.

Setelah di kick off melalui akun resmi Kemenpar itu, akan terus dipublikasikan melalui berbagai media, dengan POSE – Paid Own Social Endorser Media. Juga genpi.co. platform media yang sedang dibuat genpi untuk membantu mempublikasikan aktivitas kepariwisataan Indonesia.

Juara 1 kategori Komunitas GenPI mendapat Rp 30 juta, Juara 2 Rp 20 juta, Juara 3 mendapat Rp 10 juta, dan tujuh juara harapan masing-masing mendapat Rp 5 juta. Sedangkan untuk kategori umum, dipilih sebanyak 50 pemenang yang masing-masing mendapat uang tunai Rp 1 juta. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here