Tidak Benar Proses Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) Itu Sulit

0
57
Menteri Susi Raih Penghargaan Maritim Tertinggi Dunia di Washington DC

Jakarta : Guna mewujudkan salah satu nawacita bangsa ini adalah kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Untuk mencapai wujud tersebut khususnya ekonomi domestik di perikanan diharapkan para pengusaha lokal tidak terpancing dalam isu-isu yang berkembang saat ini, khususnya di tahun politik.

“Kami menyadari adanya isu tentang sulitnya dalam proses Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, padahal itu tidak benar.” tegas pengusaha perikanan lokal Bitung, Sulawesi Utara Gilbert Makanoneng kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Menurut Gilbert, para pelaku usaha perikanan sebenarnya sudah dimudahkan dalam pelayanan proses Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) serta Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Pemerintah saat ini telah bergerak super cepat untuk melayani pelaku usaha hingga masyarakat dan jangan menyalahkan Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kelautan dan Perikanan, namun ayolah kita bersama untuk introspeksi pada aturan yang berlaku,”tambahnya.

“Kita tau koq 75% para pelaku usaha belum jujur, jika kita mau saja berkorban untuk bangsa ini maka aturan yang ada harus di taati, artinya dengan jujur dalam laporan baik dari setiap kapal-kapal ikan hingga pengelolaan, akan mewujudkan pendapatan yang meningkat baik untuk nelayan sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah.”kata Gilbert.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan percepatan izin dalam hitungan jam dengan dukungan teknologi digital. Permintaan itu dilakukan supaya produksi perikanan tangkap dalam negeri bisa meningkat sekaligus mampu setara dengan Thailand dan Vietnam.(gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here