Wow! 2000 Tiket VIP Festival Cap Go Meh Singkawang 2019 Ludes Terjual

0
89

LIPUTAN1.COM, PONTIANAK – Daya tarik Festival Cap Go Meh Singkawang tak terbantahkan. Festival ini selalu mampu menyedot wisatawan. Buktinya, sebanyak 2000 tiket VIP yang disiapkan panitia untuk event tahun ini, sudah ludes terjual. Tahun 2019, Festival Cap Go Meh akan digelar 5-19 Februari.

Tingginya antusiasme wisatawan, membuat Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie sangat gembira.

“Ini menandakan, masyarakat sangat antusias untuk melihat atraksi tatung pada perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang,” tutur Tjhai Chui Mie, Jumat (25/1).

Gembiranya walikota tentu sangat wajar. Dengan banyaknya wisatawan yang datang membuat perputaran uang di Kota Singkawan makin kencang. Terbukti jumlah pesanan kamar hotel pun makin meningkat. Belum lagi sektor kuliner, pengrajin oleh-oleh hingga pengrajin perlengkapan upacara yang semua kebanjiran orderan.

“Itu berkah bagi Singkawang. Meskipun ada kabar tarif kamar yang diberlakukan manajemen hotel sangat mahal. Kabar yang tersiar itu tidak benar, karena menurut pengakuan manajemen hotel bahwa tarif yang diberlakukan pada perayaan itu bukan perhari tetapi per paket (dari tanggal 17-19 Februari),” jelasnya.

Dalam perayaan tahun ini, Walikota kembali mengundang Presiden Joko Widodo untuk bisa hadir. Sehingga dapat memberikan semangat bagi masyarakat Kota Singkawan. Apalagi ini merupakan event budaya yang telah terkenal secara nasional bahkan mancanegara.

“Saya sangat berharap, beliau bisa hadir untuk bersama-sama menyaksikan event Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang,” kata Walikota Tjhai.

Terpisah, Ketua Umum Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang tahun 2019, Hengky Setiawan, siap mengemas event ini dengan maksimal. Ia pun siap memperbaiki segala kekurangan-kekurangan pada perhelatan Festival Cap Go Meh di tahun sebelumnya. Diantaranya, panggung kehormatan untuk para tamu akan panitia tata lebih rapi lagi sehingga tamu yang akan duduk menyaksikan Festival Cap Go Meh akan lebih nyaman.

Ia mengatakan panitia akan mengutamakan kualitas daripada tatung itu sendiri. Karena event ini sudah terbilang cukup besar, dimana event ini banyak diminati oleh Mancanegara.

“Tahun ini kita harapkan tatung-tatungnya yang tampil berkualitas, tandunya serasi sesuai atribut yang dikenakan dan unik. Karena akan diliput semua wartawan dari berbagai daerah,” katanya.

Semakin mendunianya Festival Cap Go Meh Singkawang juga membuat membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya ikutan happy. Bahkan dirinya menganjurkan wisatawan segera memesan tiket ke Singkawang. Apalagi bagi turis yang gemar wisata foto. Kalau tidak, dikhawatirkan gagal menyaksikan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini.

“Perayaan Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat selalu menjadi pusat perhatian turis karena terbesar dan menjadi terheboh di Asia. Bila ingin menyaksikannya, buruan book tiketnya sekarang juga,” ujar Menpar Arief Yahya.

Ketua Pelaksana Wonderful Event Nasional Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty juga senada dengant Menpar Arief. Menurutnya Festival Cap Go Meh Singkawang merupakan menu wajib bagi para traveler. Apalagi dengan semakin baiknya penampilan dari para tatung yang merupakan central acara.

“Ya sesuai dengan arahan Bapak Presiden. Kita dorong daerah untuk semakin baik mengemas event wisatanya. Semua harus berstandar internasional. Dan ini membuat Festival Cap Go Meh Singkawan semakin menarik lagi. Silahkan datang dan buktikan keunikan dari festival ini,” ucap Esty yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here