Wow, Cruise Maasdam Sandar di Makassar

0
130

LIPUTAN1.COM, MAKASSAR – Momen spesial didapatkan industri pariwisata Makassar di awal 2019. Kota Anging Mammiri disandari Cruise MS Maasdam, Sabtu (19/1). Kapal pesiar tersebut membawa wisatawan dari 32 negara.

MS Maasdam sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan. Wisatawan yang dibawa, didominasi asal Australia, Prancis, Amerika Serikat, dan Kanada. Namun, ada juga wisatawan Inggris, New Zealand, Belanda, Israel, juga Jerman.

Total MS Maasdam membawa sekitar 1.7780 wisatawan mancanegara. Rinciannya, 1.218 orang adalah penumpang dan 570 nama berstatus awak kapal. Dari jumlah itu, sekitar 25% penumpang mengekplorasi Makassar dan sekitarnya. Sebanyak 303 wisman ini mengikuti paket tour yang sudah disiapkan. Mereka diantar menggunakan sekitar 15 bus dengan kapasitas 29 seat.

“Kehadiran MS Maasdam di Makassar membawa impact positif. Sangat bagus bagi pariwisata Makassar dan Sulawesi Selatan. Kapal pesiar MS Maasdam membawa banyak wisatawan,” kata Manager Umum PT Pelindo IV Cabang Makassar Iskandar, kemarin.

Dijelaskan Iskandar, pelayanan terbaik diberikan kepada wisatawan MS Maasdam. Harapannya mereka semua terkesan lalu mengabarkannya kepada yang lain.

Ada beberapa destinasi yang disinggahi para wisatawan. Seperti Benteng Rotterdam, Pasar Terong, Somba Opu, hingga Bantimurung. Saat 303 wisatawan menikmati paket tour, beberapa wisatawan memilih aktivitas lain. Ada yang bersantai dalam terminal penumpang pelabuhan hingga menikmati city tour mandiri.

“Makassar dan sekitarnya banyak memiliki destinasi terbaik. Untuk destinasi wilayah kota, sebarannya sangat banyak. Destinasi ini sangat layak sebagai destinasi yang harus dikunjungi. Dan, kehadiran cruise Maasdam makin menguatkan besarnya potensi wisata di sana,” ungkap Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Reza Fahlevi.

Beragam kekayaan budaya Anging Mammiri juga ikut ditampilkan. Seperti, Tari Gandrung Bulo, Tari 4 Etnis, Pepe Pepe Ri Makka, hingga Tarian Papua. Ada juga live music akustik hingga minuman selamat datang. Selain itu, disertakan juga beragam kuliner dengan cita rasa terbaik dan nikmat.

“Makassar dan Sulawesi Selatan ini sangat kaya. Alam, budaya, dan kulinernya memang luar biasa. Ini bisa jadi paket wisata yang menarik dan kuat. Kota Makassar juga memiliki banyak spot wisata belanja. Ada banyak prodak yang ditawarkan, mulai sutera, perhiasan, fashion, dan banyak lagi. Artinya, ada aktivitas ekonomi yang menjanjikan,” jelas Reza.

Kehadiran MS Maasdam ke Makassar menjadi bagian realisasi besarnya kunjungan cruise ke Indonesia di tahun ini. Sepanjang 2019, sudah ada 593 calls kapal pesiar. Jumlah ini naik 19,6% dari tahun 2018. Di tahun 2018, ada 496 calls kapal pesiar. Seiring besarnya pergerakan cruise, angka kunjungan wismannya sekitar 387.873 orang. Postur ini naik 9,7% dengan pertumbuhan riil 24.448 orang wisatawan.

“Kami tentu menyambut gembira setiap cruise yang datang dan merapat di berbagai destinasi. Perairan Indonesia indah dengan banyak destinasi eksotis yang bisa disinggahinya. Infrastrukturnya juga sangat bagus karena selalu di-upgrade setiap tahunnya. Silahkan datang dan nikmati destinasi terbaik di sini. Apalagi, ada banyak destinasi baru yang harus disinggahi oleh cruise,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here