Menpar Resmikan Destinasi Digital ke-23 Pasar Berbatik Cikadu

0
247

LIPUTAN1.COM, PANDEGLANG – GenPI Banten kembali meluncurkan Destinasi Digital dengan nuansa yang berbeda. Namanya Pasar Berbatik Cikadu. Nuansanya dipenuhi batik-batik khas Kampung Cikadu, Pandeglang.

Pasar digital ke-23 milik GenPI ini diresmikan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat 28 September 2018. Bertepatan dengan Festival Tanjung Lesung 2018. Terpantau ratusan pengunjung sudah menikmati pasar ini.

Kedatangan Menpar Arief Yahya disambut 100 Penari. Prosesi peresmian pasar @berbatikcikadu dibuka dengan pengguntingan pita. Kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menpar Arief Yahya.

Pasar digital ini berkerjasama dengan Dinas Pariwisata Banten dan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang. Didukung juga pihak-pihak sponsor dalam pembuatan Pasar Berbatik Cikadu.

“Dengan mengucap Bismillah, Pasar Berbatik Cikadu saya resmikan dibuka. Kepada masyarakat Cikadu silakan memanfaatkan pasar ini mengembangkan pariwisata atau memasarkan batiknya,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga berharap, agar GenPI dan pengelola saling bekerjasama menangani Pasar Berbatik Cikadu dengan baik. Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan mengangkat perekonomian sekitar .

“Point saya manfaatkanlah anggaran dengan sebaik-baiknya. Gandeng perusahaan-perusahaan terutama BUMN. Tapi point saya gunakan pasar ini sebesar-besarnya,” kata Menpar.

Pasar Berbatik Cikadu mulai dibuka pukul 08:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB. Dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 28-30 September 2018.

Di hari pertama, 28 September 2018, ada lomba Bercerita tentang sejarah Kampung Cikadu. Dimana para peserta diambil dari pengunjung yang berminat dalam bidang tulis menulis.

Selain itu, ada berbagai keramaian saat berada di peresmian Pasar Berbatik Cikadu. Seperti Lomba Membatik, permainan tradisional dan hiburan lainnya.

“Di Pasar @berbatikcikadu ini juga ada berbagai macam jenis olahan makanan tradisional. Seperti jajanan Gengsot khas Cikadu, Nasi Gadung, Keripik Gadung, Wajik, Kue Setan dan berbagai jajanan lainnya,” ujar Juragan Pasar Berbatik Cikadu, Karim Amrullah.

Foto Booth dan Foto untuk Selfie Pengunjung telah dikonsep dengan menarik. Stand Pasar juga dihiasi dengan Hiasan Batik khas Cikadu. Dan itu menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pasar Berbatik ini.

“Kamu bisa berlama-lama di Pasar ini karena disediakan saung yang nyaman buat nongkrong. Juga ada WiFi yang terus mengalirkan suasana kamu untuk berselfie ria dan foto cantik untuk diuploud di medsos. Setelah itu, jangan lupa ikuti lomba foto Genpi-nya. Kamu bisa cek di Instagram @genpibanten @pasarberbatik,” imbuh Karim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here