Mata Uang Rand Afrika Selatan Terkapar Terhadap Dolar AS

0
26
Mata Uang Rand Afrika Selatan Terkapar Terhadap Dolar AS

Mata Uang Rand Afrika Selatan Terkapar Terhadap Dolar AS

Terjadi penurunan tajam dari sesi sebelumnya, karena ekonomi negara tersebut memasuki resesi.

Pada pukul 07.10 GMT, Rabu waktu setempat (5/9) rand diperdagangkan pada 15,5400 terhadap dolar AS, 1,2 persen lebih lemah dari penutupan pada Selasa (4/9).

Statistik Afrika Selatan mengatakan pada Selasa (4/9) bahwa produk domestik bruto (PDB) turun 0,7 persen pada kuartal kedua, setelah mengalami kontraksi 2,6 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Pelemahan PDB yang tak terduga pada kuartal terakhir datang sebagai pukulan bagi Presiden Cyril Ramaphosa, yang mencoba untuk menghidupkan kembali ekonomi dan merayu para investor asing.

Angka PDB pada Selasa (4/9) menyebabkan banyak ekonom untuk memangkas perkiraan pertumbuhan setahun penuh mereka untuk Afrika Selatan.

Rand juga telah tertekan oleh suasana “risk-off” (penghindaran risiko) yang telah melanda pasar global di tengah gejolak keuangan di Turki dan Argentina.

Mata uang negara-negara berkembang lainnya seperti rubel Rusia juga turun terhadap dolar AS pada hari Rabu (5/9).

Di pasar saham, indeks Top-40 turun 0,9 persen pada awal perdagangan, sementara indeks saham-saham yang lebih luas turun 0,8 persen.

Obligasi pemerintah juga tergelincir, dengan imbal hasil (yield) pada instrumen acuan jatuh tempo pada 2026 naik 13 basis poin di 9,340 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here