Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2018 Bertema Dzikir Bersama Lombok Bangkit

0
12973
Bulan Pesona Lombok Sumbawa Rubah Konsep jadi NTB Berdzikir dan NTB Bangkit

Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2018 Bertema Dzikir Bersama Lombok Bangkit

Agenda kegiatan pariwisata tahunan Bulan Pesona Lombok Sumbawa akan mengalami perubahan konsep

Hal ini disebabkan dengan bencana gempa Lombok yang menelan korban jiwa mencapai 458 orang, 71.740 rumah rusak dan fasilitas umum maupun tempat ibadah yang mengalami kerusakan sebanyak 197, sedangkan jumlah pengungsi hingga saat ini mencapai 417.529 orang.

Rencananya, Bulan Pesona Lombok Sumbawa yang direncanakan dimulai pada 18 Agustus 2018 akan diisi dengan NTB Berdzikir dan NTB Bangkit yang melibatkan ulama dan artis yang bisa mengangkat semangat warga. ”Waktunya tetap sebulan. Kegiatannya yang bisa memotivasi warga,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal, dalam jumpa pers di kantornya, Rabu 15 Agustus 2018.

Ia menyebutkan kegiatan akan dilaksanakan di beberapa tempat. Yakni di Sembalun yang berada di lembah Gunung Rinjani yang dikenal sebagai destinasi wisata halal bulan madu. Kemudian juga di Senaru yang juga berada di lembah Rinjani, dan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air serta kota tua Ampenan di Mataram. ”Semua temanya trauma healing,” ujarnya.

Selain itu juga, tambah Faozal, kegiatan Sail Indonesia Moyo Tambora yang berlangsung di Pulau Sumbawa sudah dijadwalkan 9 September 2018 yang akan disinggahi ratusan kapal yacht milik peserta dari berbagai negara juga akan menggelar panggung konser amal untuk gempa Lombok.

Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I, Hendry Noviardi juga mengamini adanya perubahan konsep Festival BPLS ini. ”Dalam sistuasi saat ini, masyarakat sedang dilanda musibah, festival ini akan bersentuhan dengan recovery. Tidak ada berfoya-foya. Kemenpar akan menghadirkan ustadz-ustadz maupun artis yang diharapkan mampu menjadi motivator untuk Lombok bangkit,” kata Hendry Noviardi

Nantinya, dalam acara pembukaan yang akan digelar di halaman Kantor Gubernur NTB akan diisi dengan rangkaian kegiatan yang menampilkan musik charity.

“Musik yang ditampilkan berupa Hadrah/Marawis dan akuistik. Puncaknya akan dilakukan doa dan Istighosah NTB berdoa dan bangkit,” lanjutnya

Dinas Pariwisata NTB bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata telah mendesain ulang tiga even wisata, pada 18 Agustus hingga 23 September mendatang akan berlangsung Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2018. Sedangkan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 akan digelar di Pulau Sumbawa pada 9-23 September 2018, bersamaan dengan Festival Pesona Moyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here