Universitas Budi Luhur Gelar Workshop Nasional INACL 2018

0
361
UBL

Liputan1.com-Universitas Budi Luhur Gelar Workshop Nasional INACL 2018

Workshop Nasional INACL (Indonesian Association for Computational Linguistics) merupakan agenda rutin dari INACL yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian linguistik komputasi untuk Bahasa Indonesia, sekaligus untuk memajukan bidang penelitian linguistik komputasi itu sendiri di Indonesia.

Workshop INACL keempat ini diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 2018 di Ruang Theater Lantai 4 Universitas Budi Luhur Jakarta.

Dalam sambutannya, Deputi Rektor Bidang Akademik Universitas Budi Luhur Dr Wendi Usino MM Msc menggarisbawahi bahwa acara workshop ini memberi ruang bagi generasi milineal di Budi Luhur untuk terlibat dalam pengembangan bahasa. “Generasi milineal bisa berkreasi dalam penyusunan korpus dan kamus tertentu sekaligus memperbarui pengetahuan bahasa dan kemahiran berbahasanya,” ujarnya’

Sementara itu, Ketua penyelenggara INACL 2018 UBL, Dr Tjahjanto S.Kom, MM menambahkan bahwa acara ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis Budi Luhur yang ke 40.

“Ini semua dalam rangkaian Dies Natalis Budi Luhur ke 40. Kita serius melakukan penelitian yang bisa membantu bangsa, khususnya dalam bidang computational linguistik. Bersama dengan INACL, juga Kementerian Kominfo, Kami berharap dengan acara workshop ini, teman teman disini mampu dan ikut ambil bagian untuk memperkaya basic data yang diharapkan. Ini kegiatan yang nyata dari Budi Luhur,” kata Tjahjanto

Tjahjanto menambahkan, bahwa dalam acara ini mengundang para peneliti dan praktisi untuk berbagi ilmu dalam bidang teknologi bahasa, baik secara teoritis maupun terapan, khususnya terkait dengan bahasa-bahasa yang berasal dari Indonesia.

Topik penelitian berasal dari berbagai disiplin ilmu yang membahas teknologi bahasa, baik dari sisi linguistik teoritis maupun dari sisi ilmu komputer terapan, termasuk, tapi tidak terbatas pada Aspek teoritis linguistik komputasional, Penerapan pengolahan bahasa manusia dan Pengembangan sumber daya teknologi bahasa (language resources & tools)

“Ada dua sesi, yaitu sesi tutorial, seminar dan diskusi yang akan dibawakan langsung pihak Kementerian Kominfo dan sesi poster makalah yang berupa hasil penelitian di bidang Speech and Language Processing. Ada pertukaran informasi dan diskusi dari peneliti dari berbagai tempat dan kalangan perguruan tinggi maupun lembaga penelitian di seluruh Indonesia, ” lanjutnya

Dalam acara workshop INACL 2018 ini, beberapa institusi ikut serta seperti Univeritas Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Universitas Telkom Bandung, ITB, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta,UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah jakarta, Universitas Jenderal Achmad Yani, Teknik Inormaika Universtas Trisakti, Universitas Tanjungpura, Universitas Widyatama Bandung dan Universitas Budi Luhur sendiri sebagai tuan rumah

Sebelumnya, workshop INACL telah diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Sekolah Ilmu Pengetahuan Alama Universitas Bina Nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here