Kapolri : Tidak Bisa Atasi Begal di Daerahnya, Kapolres Saya Begal

0
451
Istimewa

Kapolri : Tidak Bisa Atasi Begal di Daerahnya, Kapolres Saya Begal

Kapolri Jendral Tito baru saja mengeluarkan ancamannya, siap copot Kapolres jika tak bisa atasi begal-begal itu.

“Saya minta seluruh kapolres dapat mengatasi kasus pembegalan, kalau tidak bisa atasi begal maka kapolresnya yang saya begal. Pahamkan maksud saya,” ujar Kapolri, saat ditemui usai kunjungaan, di area Pelabuhan Bakauheni, Senin (11/6/2018).

Tito meminta kepada Kapolres dan jajarannya harus membuat tim khusus untuk menangkap pelaku pembegalan tersebut.

“Kapolres semua harus buat tim khusus tangkapin dulu mereka, kalau tidak tempel mereka. Kalau masih belum bisa juga, silakan minta bantuan kapolda untuk menurunkan anggotanya yang bersenjata guna atasi begal ini,” kata dia.

Selain meminta bantuan Kapolda, lanjut Kapolri, mintalah bantuan kepada Danrem, karena ini demi kepentingan banyak publik.

“Kelompok begal-begal bisa aja ditangkap dengan cara lembut, kalau masih melawan tindak tegas,” pungkasnya.

Begal di jalan lintas Sumatera adalah penyakit lama, yang menghantui bus-bus malam. Lihat saja bus-bus tujuan Jambi-Aceh-Sumbar, kebanyakan dilindungi teralis di kaca depan, untuk mengantisipasi lemparan batu begal. Sering kejadian, bus yang tengah melacu kencang itu dilempar batu dan kaca pecah. Bis terpaksa berhenti dan mulailah pembegalan itu.

Begal-begal memang bergentayangan di jalur jalan lintas Sumatera sangat menghantui pemudik. Maka Kapolri Jendral Tito Karnavian sampai perlu harus mengeluarkan ancaman, Kapolres-Kapolres yang tak bisa mengatasi begal di sepanjang lintas Sumatera, terutama daerah Lampung, siap-siap saja untuk dicopot.

Sepak terjang begal-begal itu bukan hanya mengancam pemudik berkendaraan pribadi. Bus-bus malam tujuan Palembang-Padang, Jambi, Medan hingga Aceh juga sering menjadi bulan-bulanan para begal di jalar lintas Sumatera.

Kondisi bus-bus malam pakai “helm” tersebut bukan sekarang saja, tapi sudah sejak jaman “dinasti ming”. Tapi kondisi seperti ini kenapa terus berlangsung, apakah aparat kepolisian selama ini tak mampu mengatasi? Semoga ancaman Kapolri ini bukan sekedar bikin ngeper para Kapolres, tapi juga bikin keder para begal-begal itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here