Ini Dia Destinasi di Jabar yang Direkomendasikan Saat Asian Games

0
43

LIPUTAN1.COM– Sejumlah destinasi wisata terbaik disiapkan Jawa Barat (Jabar) untuk menyambut Asian Games 2018. Bumi Pasundan memang  terlibat dalam pesta olahraga terbesar di Asia ini. Sedikitnya ada 7 wilayah Jabar yang terlibat. Yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Subang, Majalengka, Bekasi, dan Bogor.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jawa Barat memiliki potensi nature dan culture terbaik. Selain atraksinya kelas dunia, aksesibilitas dan amenitasnya juga terbaik. Wilayah ini ditopang oleh dua bandara terbaik. Untuk hotel dan kulinernya berkualitas dengan harga yang ramah.

“Potensi pariwisata Jawa Barat ini luar biasa. Tamu mancanegara yang mendukung delegasi negaranya harus merasakan berbagai sensasi dan keramahan yang ditawarkan Jawa Barat. Pokoknya ini serba luar biasa. Aspek 3A-nya jempolan, lalu harga-harga yang dibanderol sangat murah,” ujar Arief, Senin (14/5).

Support penuh diberikan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jawa Barat. Koordinator Genpi Jawa Barat Ghera Nugraha Ruhimat menjelaskan, promosi selalu dilakukan di media sosial dan melalui leaflet. 

“Selain destinasi pariwisata, promosi juga kita lakukan untuk mengenalkan potensi kuliner di Bumi Pasundan,” kata Ghera.

Berikut 10 destinasi pariwisata di Jawa Barat yang wajib dikunjungi saat penyelenggaraan Asian Games 2018 :

1. Geopark Ciletuh, Sukabumi

Terletak di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Geopark Ciletuh sangat eksotis. Destinasi ini dinobatkan sebagai Unesco Global Geopark, 12 April lalu. Geopark ini dikelilingi oleh hamparan alluvial. Ada beragam sensasi yang ditawarkan, terutama Pantai Cimaja sebagai  surganya surfing. Area ini juga memiliki Air Terjun Awang, Taman Purba, hingga Bukit Panenjioan.

2. Taman Buah Mekarsari, Bogor

Taman Buah Mekarsari ini sangat terkenal. Ada beradam flora yang ditawarkan. Mulai tanaman buah, sayuran, bunga, tanaman hias, serta tumbuhan tropika lainnya. Dengan luas 264 hektare, kawasan ini menjadi surganya flora. Ada aktivitas budidaya beragam flora tropis. Taman ini juga memiliki banyak wahanan, seperti fruity dan banana boat, kano, perahu naga, hingga lokasi outbound.

3. Kawah Putih, Ciwidey

Kawah Putih di Bandung ini sangat unik. Airnya kerap berubah sesuai kadar belerang, suhu, juga cuaca. Kawah Putih ini terletak di ketinggian 2.400 mdpl. Karena eksotisnya, area ini kerap digunakan sebagai lokasi shooting film. Contohnya film Heart yang dibintangi Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir. Selain romantis, destinasi ini menawarkan sisi lain mulai hiking hingga berkuda.

4. Gunung Tangkuban Perahu, Lembang

Berada di wilayah Bandung, Gunung Tangkuban Perahu sangat tersohor. Dikuatkan mitos Sangkuriang, gunung ini sangat eksotis hingga menjadi landmark Jawa Barat. Tangkuban Perahu masuk tipe gunung stratovulcano karena pusat erupsinya yang berpindah. Memiliki ketinggian 2.084 mdpl, destinasi selalu memanjakan mata dengan kekuatan nature yang luar biasa.

5. Situs Gunung Padang, Cianjur

Situs Gunung Padang di Cianjur merupakan situs megalitikum. Usia situs ini diperkirakan 25.000 SM dan menjadi peninggalan peradaban tertua di bumi. Dengan bentuknya yang unik, diperkirakan adanya bangunan super besar yang tertimbun. Besarnya mencapai tiga kali Candi Borobudur. Situs ini menjadi wujud peradaban dengan teknologi paling tinggi di masanya. Sebab, antar batu dilekatkan semen purba.

6. Gunung Bongkok, Purwakarta

Memiliki ketinggian 976 mdpl, Gunung Bongkok di Purwakarta pun sangat eksotis. Gunung Bongkok juga menawarkan track pendakian yang menantang. Jalurnya terawatt dengan beragam fasilitas untuk pengamanan.  Ada spot yang bisa dituju, yaitu Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Batu Datar. Dari spot ini pengunjung bisa menikmati sunset atau bahkan sunrise yang indah.

7. Keraton Kacirebonan, Cirebon

Keraton ini menjadi peninggalan Kasultanan Cirebon. Memiliki luas 46.500 meter persegi, bangunannya didominasi arsitektur Belanda, Tiongkok, hingga Arab. Ada banyak spot dengan ketinggian filosofi yang dimiliki. Yaitu Bangunan Induk sebagai ruang kerja sultan, kamar pusaka, juga paseban. Keraton juga memiliki Gedung Ijo sebagai tempat tinggal keluarga sultan hingga ruang Pinangeran.

8. Telaga Nila, Majalengka

Telaga Nila di Majalengka ini menjadi surga tersembunyi dengan airnya yang jernih. Keunikannya, air danau kadang berubah biru kehijauan bila terkena sinar matahari. Nuansa alamnya juga masih sangat alami. Berada di kaki Gunung Ciremai, danau ini menawarkan wisata petualangan. Bagi penggemar fotografi, mereka akan dimanjakan dengan beragam spot yang eksotis.

9. Batu Dua Gunung Lingga, Majalengka

Berada di Sumedang, Batu Dua Gunung Lingga menawarkan petualangan dirgantara. Aktivitas berupa paralayang menjadi menu utama pengunjung. Keunikannya adalah adanya beberapa titik termal atau uap panas bumi yang akan membuat pengunjung melayang lebih lama di udara. Pengunjung bahkan bisa melayang hingga 3 jam dengan jarak tempuh sampai 45 kilometer.

10. Pangandaran

Pangandaran memiliki banyak spot eksotis. Ada nuansa Pantai Batu Karas yang ideal untuk surfing, renang, dan berperahu. Tidak jauh, ada Citumang Pangandaran dengan aliran sungan dan view eksotis. Pengunjung juga bisa menikmati Green Canyon dengan aliran sungai yang menembus goa. Di sana terdapat stalakmit dan stalaktit. Goa Sumur Mudal juga bisa dinikmati dengan aliran jernih airnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here