Berlian Marsheilla, Si Cantik Penggemar Diving

0
367

LIPUTAN1.COM – Untuk Tim Nasional Voli Putri Asian Games 2018, sosok Berlian Marsheilla cukup vital. Wanita cantik ini berposisi sebagai libero. Meski disibukkan dengan olahraga voli, Berlian ternyata memiliki destinasi favorit. Hobinya pun tidak sembarangan, Yaitu diving.

Hal ini diketahui saat Berlian dan anggota Timnas Voli Putri lainnya ditemui disela-sela pemusatan latihan. Tepatnya di Padepokan Voli, Sentul, Senin (7/5).

Dengan ramah, para duta bangsa ini juga menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan. Termasuk destinasi yang masuk dalam list liburan mereka, hingga cara mereka menikmatinya masa liburannya.

Berlian Marsheilla mengaku memfavoritkan Raja Ampat, Labuan Bajo, hingga Wakatobi. Bintang klub Jakarta Pertamina Energi ini juga jatuh hati dengan eksotisme Maluku.

“Destinasi 10 Bali Baru itu bagus-bagus semua. Saya memang suka nature. Keindahan alamnya luar biasa. Saat berada di sana, selalu membuat hati senang dan segar,” ungkap Berlian.

Meski menggeluti karier sebagai atlet voli, Berlian tidak bisa menutupi jatuh hatinya terhadap wisata bahari. Diving merupakan hobi lain di luar aktivitasnya bermain voli. Beberapa spot favorit dunia pernah ditelusurinya, termasuk eksotisme bawah air Raja Ampat. Aktivitas menyelamnya bahkan berada di kedalaman lebih dari 12 meter. Berlian mengaku memiliki momen terbaik di Raja Ampat.

“Berada di Raja Ampat kurang lengkap kalau tidak diving. Spotnya sangat indah. Saya bahkan pernah diving bersama Bapaknya Nadine Chandrawinata di Raja Ampat. Saya memang suka diving, tapi belum memiliki lisensi. Setiap menyelam, saya selalu didampingi ahlinya,” terang Berlian lagi.

Raja Ampat memang surganya traveler dunia. Dengan 610 gugusan pulau, Raja Ampat memiliki banyak spot diving terbaik. Sebut saja Cross Wreck yang notabene situs sejarah Perang Dunia II. Pada kedalaman 18 meter, divers bisa menjumpai kapal perang Jepang. Biota lautnya unik karena dihuni oleh udang mantis, ikan daun, ikan setan, hingga gurita.

Raja Ampat juga memiliki Selat Dampier. Dunia bawah laut selat ini dihiasi biota sweet lips tropical, hiu karpet, hingga beragam terumbu karang terindah. Spot lainnya adalah Blue Magic dengan pesona hiu lonjor, gurita cincin biru, hingga tuna. Atau, Magic Mountain sebagai spot nomor satu. Pesonanya adalah pari manta hingga beragam ikan dan coral.

“Perairan Raja Ampat ini sangat bagus. Airnya jernih dan sangat terang. Kehidupan biota lautnya sangat jelas. Pokonya luar biasa di sana. Saya memang dalam setahun rata-rata diving dua kali. Memanfaatkan moment liburan panjang. Sebab, jadwal latihan pelatnas dan kompetisi sangat padat,” terang Berlian.

Selain Raja Ampat, Berlian juga pernah menjelajahi perairan Kepulauan Seribu. Di tempat ini, juga banyak spot diving. Diantaranya, Ship Wreck Tabularasa. Memiliki panjang 26 meter dan lebar 6,25 meter, kapal ini memiliki sangat indah dengan koral dan beragam biota laut lainnya.

Spot lainnya yang menarik di Kepulauan Seribu adalah Area Perlindungan Laut (APL). Area APL ini memiliki terumbu karang unik nan eksotis. Bila beruntung, para divers bisa menemui whale shark atau hiu paus.

“Kepulauan Seribu juga indah. Lokasinya juga dekat dengan Jakarta pula. Di sana biasanya diving atau hanya snorkling. Yang jelas, saya memang suka dengan suasana pantai,” tuturnya.

Namun, belum semua destinasi bahari dikunjunginya. Berlian mengaku ingin mengunjungi beberapa destinasi lain. Seperti Pulau Kei (Maluku Tenggara), dan Takabonerate (Kepulauan Selayar). Pulau Kei memiliki beberapa pantai dengan pesona pasir putihnya. Sebut saja Pantai Ngurbloat, Ngurtavur, atau Ohoidetawun. Di sana juga ada Gua Hawang dengan keindahan stalagtit dan stalagmitnya.

Untuk Takabonerate, surga bawah laut ini menyediakan beragam sensasi. Memiliki luas 220.000 hektar, Takabonerate memiliki sedikitnya 261 jenis terumbu karang. Mayoritas terumbu karang membentuk atol (barrier reef) juga terumbu tepi (fringing reef). Kawasan ini memiliki minimal 295 ikan seperti napoleon wrasse. Ada juga 244 jenis moluska, seperti lola, triton, batulaga, kima sisik, atau nautilus berongga.

“Saya belum pernah pergi ke Pulau Kei dan Takabonerate. Kalau ada kesempatan pasti akan ke sana. Destinasi ini sangat bagus dengan keindahan bawah lautnya yang khas. Selain itu, saya juga senang dengan kuliner di sana, khususnya di Sulawesi Selatan. Ada Soto Makassar dan Konro,” katanya.

Peran Berlian di Timnas sendiri termasuk vital. Pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Berlin dan rekan-rekannya menyumbang medali perak. Di final, Timnas Voli Putri Indonesia dikalahkan Thailand. Berlian juga sudah dua kali merasakan juara Proliga tahun 2009 dan 2011 bersama Jakarta Electric. Sejumlah penghargaan pribadi pun diraihnya. Seperti Best Libero Pro Liga tahun 2015 dan 2016.

Menariknya, Berlian ternyata juga aktif di Medsos. Terbukti akun Instagram @berllian_5 memiliki 155 ribu follower. Bahkan foto Berlian dengan anggota Timnas Voli yang diposting 30 April lalu, mendapat like hingga 10.660.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, apresiasi diberikan bagi Berlian Marsheilla karena menyukai wisata bahari.

“Wisata bahari Indonesia itu yang terbaik di dunia. Destinasi di sini selalu menjadi tujuan wisatawan dunia. Sekedar snorkling, surfing, atau diving. Semuanya lengkap dan terbaik di sini. Aspek 3A-nya itu luar biasa. Kami memberikan apresiasi bagi Berlian karena menempatkan destinasi 10 Bali Baru sebagai favorit,” tutup Menpar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here