Ini Kegunaan Sunat pada Perempuan

0
1703
Ini Kegunaan Sunat pada Perempuan

Liputan1.com-Ini Kegunaan Sunat pada Perempuan

Sunat tak hanya dikenal untuk laki-laki, tetapi juga untuk perempuan. Namun, sejumlah pihak menolak sunat pada perempuan dengan beragam argumentasi.

Akan tetapi, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Valleria mengatakan prosedur sunat pada perempuan jika dilakukan dengan benar dapat menjaga kebersihan vagina terutama di sekitar klitoris sekaligus menghindarkannya dari bau tidak sedap.

Prosedur ini mirip dengan tindakan hoodectomy yang jamak dilakukan dokter spesialis bedah di Dunia, namun dengan indikasi medis, yakni menoreh clitroral hood (tudung klitoris) atau ada juga yang memotongnya.

“Berbeda dengan tindakan Female Genital Mutilation (FGM) yang menghilangkan secara total atau sebagian dari organ genitalia eksterna wanita. Sunat perempuan dilakukan dengan cara menggores kulit yang menutupi bagian depan klitoris tanpa sedikitpun melukai klitoris, ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/04/2018).

Secara teknis, tindakan sunat dilakukan pada usia kurang dari 5 tahun, dengan anatomi tudung klitoris yang masih sangat tipis dan belum banyak dilalui pembuluh darah serta saraf.

Secara umum, perempuan memiliki tudung klitoris yang terbentuk secara genetik, dengan lebar dan tebal yang berbeda. Seiring bertambahnya usia, kelemahan atau elastisitas tudung kritoris menurun sehingga tidak sedap dipandang pasangan.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini bahkan membuat respons atau sensasi seksual menjadi terganggu. Seorang dokter asal Inggris, dr. Jacobson, mengatakan salah satu yang bisa menjadi penyebab perempuan yang bermasalah mendapatkan kepuasan seksual saat berhubungan intim dengan suaminya adalah karena tudung klitoris yang terlalu tebal, besar sehingga menutupi klitoris.

Tudung klitoris berfungsi melindung kepala klitoris. Fungsi dari tudung klitoris adalah melindungi klitoris yang sensitif dari iritasi, dan cidera dan juga mencegah stimulasi berlebih pada situasi nonseksual.

Ukuran penutup klitoris sangat beragam, dari yang kecil hingga besar. Pada mereka kelompok individu dengan penutup klitoris yang besar, menjadikan kepala klitoris tidak bisa terlihat atau terpapar.

Khitan Perempuan Justru Untuk Menyenangkan Suami & Mencegah Kanker

Dapat disimpulkan, bahwa khitan bagi khitan bagi perempuan mengandung hikmah, antara lain memberikan kepuasan dalam hubungan seks, sehingga wajah perempuan yang dikhitan menjadi ceria dan membahagiakan suaminya, berdasarkan hadits Nabi Saw:

“Lakukanlah khitan dan jangan berlebihan (potonglah sdikit dengan ringan), karena kalau hanya memotong sedikit (tidak berlebihan), dapat menjadikan wajah lebh ceria dan membahagiakan suami.” (HR. al-Hakim, al Thabrany, a-Baihaqy dan Abu Nu’aim)

DR. Al-Bar dalam makalahnya, dalam sebuah pembahasan tentang khitan perempuan kepada al-Majma’ al Fiqhy pada Rabithah al “Alam al Islamy di Makkah al Mukarramah mengatakan, khitan yang disebutkan oleh al-sunnah mengandung banyak manfaat. Ada beberapa hikmah khitan perempuan, antara lain:

1) Khitan dapat menstabilkan/menetralisir nafsu seks laki-laki dan perempuan yang dikhitan.

2) Khitan dapat mencegah timbulnya aroma yang tidak baik yang timbul dari cairan/kotoran yang tertahan di bawah qulf (yang menutupi penis dan colum yang menutupi klitoris).

3) Khitan dapat mencegah infeksi saluran kencing.

4) Khitan dapat mencegah infeksi pada vagina.

Sedangkan manfaat khitan dari tinjauan syariah adalah:

1) Mengikuti syariat Allah dan sunnah Nabi Saw

2) Thaharah (suci)

3) Menetapkan pengganti yang sesuai untuk memerangi adat kebiasaan yang tidak sesuai dengan syariah dan mendatangkan dharar.

4) Meninggikan syiar ibadah, bukan adat istiadat.

5) Memelihara aspek social dan kejiwaan yang timbul akibat meninggalkan khitan.

Itulah antara lain manfaat khitan perempuan. Bohong besar, jika khitan perempuan dikatakan tidak ada manfaatnya. Percayalah dengan hadits Rasulullah Saw: khitan perempuan yang dilakukan tidak dengan berlebihan, hanya memotong sedikit, dapat menjadikan wajah lebh ceria dan membahagiakan suami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here