Abdimas Dosen UBL Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

0
147

Liputan1.com-Abdimas Dosen UBL Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

Pengabdian masyarakat (abdimas) merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain mengajar dan aktif di riset. Untuk itu tim Dosen Universitas Budi Luhur (UBL) mengadakan abdimas berupa pelatihan jurnalisme warga (Citizen Journalism/CJ) bagi remaja Karang Taruna (KT) di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan (KLS), Kecamatan Kebayoran Lama dan Kelurahan Pesanggrahan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Ketua Pelaksana Abdimas UBL, Rachmi Kurnia Siregar menjelaskan pelatihan CJ dibiayai Kemenristek Dikti melalui dana hibah tahun anggaran 2018. Dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, tim menggandeng remaja KT RW 02 Kelurahan Pesanggrahan dan di KLS.

“Kalangan remaja yang tergabung dalam Karang Taruna kian aktif di bidang sosial, kepemudaan hingga pengabdian masyarakat. Serta kerap mendulang prestasi. Namun aktivitas mereka jarang atau minim dipublikasikan media massa. Di sisi lain masyarakat ingin mengetahui kiprah remaja di Karang Taruna,” kata Rachmi saat pelatihan CJ di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Abdi Praja Kelurahan Pesanggrahan, Sabtu (14/4/2018).

Pelatihan dibuka Camat Pesanggrahan, Fajar Kurniawan didampingi Lurah Pesanggrahan, Saryati. Turut hadir tim PKM-CJ yang merupakan dosen Fikom UBL yaitu Liza Dwi Ratna Dewi, Ahmad Pramegia, Eko Sumardi dan 4 mahasiswa. Serta kordinator pengelola RPTRA Abdi Praja, Suwondo.

Rachmi menjelaskan melalui pelatihan CJ, peserta diharapkan mampu mempublikasikan berbagai kegiatannya di Karang Taruna melalui blog, media sosial dan di media massa. Upaya publikasi ini akan mendorong dan menyemangati peserta untuk semakin berkarya. Bahkan dengan bimbingan dan pelatihan berkelanjutan, peserta diharapkan dapat menjadi pewarta warga dalam menginformasikan berbagai permasalahan di tingkat lokal.

Abdimas ini bertema: “PKM Jurnalisme Warga ‘HOT’ (Hiburan, Objektif & Terpercaya) Bagi Kelompok Karang Taruna di Jaksel, DKI Jakarta.” Materi meliputi dasar-dasar jurnalistik, penulisan berita, artikel dan features, fotografi jurnalistik, jurnalistik online dan evaluasi atas karya jurnalistik peserta.

Camat Pesanggrahan, Fajar Kurniawan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap peserta bisa memanfaatkan ilmu dan pengetahuan jurnalistik yang diberikan dosen Fikom UBL. Dengan memiliki pengetahun jurnalistik juga akan menambah kepercayaan diri peserta.

“Setelah pelatihan, peserta membuat blog, medsos dan website untuk mempublikasikan kegiatannya di Karang Taruna. Pun berbagai potensi wilayah dan ini dapat membangun citra positif. Tentunya sesuai fakta dan objektif,” tandas Fajar.

Ketua Karang Taruna RW 02 Kelurahan Pesanggrahan, Ade R. Pamungkas bersyukur dan menyambut antusias pelatihan ini karena penting untuk meningkatkan kompetensi diri dan menambah wawasan. “Kami sudah lama mendambakan pelatihan ini dan memang kegiatan kami di Karang Taruna jarang tersentuh oleh media massa,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here