BLiSPI Gandeng ASA Foundation

0
52

BLiSPI Gandeng ASA Foundation, Siap Gelar Pelatihan di 10 Kota

Jakarta

Kiprah Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) sebagai organisasi pembinaan sepakbola usia dini dan usia muda mulai dilirik kalangan sponsor. Salah satunya adalah yayasan asing yang perduli dengan kemajuan olahraga dan pendidikan bernama ASA Foundation.

Setelah melalui serangkaian pertemuan, BLiSPI dan ASA Foundation akhirnya sepakat untuk bekerjasama dalam program pelatihan pelatih. Sesuai kesepakatan, dalam waktu dekat, kedua institusi ini akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) berdurasi lima tahun.

Pada tahun pertama kerjasama, BLiSPI dan ASA Foundation akan menggelar program pelatihan pelatih lokal di 10 kota di Indonesia, yang didanai oleh perusahaan gerai kopi Starbuck.

Kota-kota yang akan dirambah oleh BLiSPI dan ASA Foundation adalah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Balikpapan, Makasar dan Pekanbaru.

Rencananya, launching program pelatihan pelatih ini akan diluncurkan di Global Internation School Jakarta, pada 15 April mendatang.

Guna memuluskan pelaksanaan program pelatihan pelatih di 10 kota tersebut, Ketua Umum BLiSPI Subagja Suihan secara khusus mengundang Direktur Teknik ASA Foundation, Lee Hawkins untuk hadir sekaligus menyampaikan paparan program di sela-sela kegiatan Workshop Liga Sepakbola Pelajar U14 Piala Menpora 2018 yang berlangsung di Hotel Nam Jakarta, 11-13 April. Kehadiran Lee Hawkins disambut antusias oleh seluruh peserta workshop. Mereka mengikuti dengan seksama paparan program pelatihan pelatih yang disampaikan Lee Hawkins.

“Luar biasa sambutan dari peserta. Mereka sangat antusias,” ungkap Lee Hawkins.

Lee mengaku tertarik bekerjasama dengan BLiSPI karena organisasi ini sangat aktif dan intens melaksanakan pembinaan sepak bola usia muda di Indonesia. Sejalan dengan misi ASA Foundation yang juga aktif mendorong peningkatan kualitas pelatih olahraga dan guru.

“Pertama kali saya tahu soal BLiSPI dari pemberitaan. BLiSPI sangat aktif melaksanakan pembinaan usia dini dan usia muda di seluruh Indonesia. Ini sejalan dengan program yang kami laksanakan. Karena itu saya tergerak untuk menjalin kerjasama dengan BLiSPI,” tuturnya.

MoU

Keinginan ASA Foundation untuk bersinergi disambut baik oleh Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan. Bahkan dalam waktu dekat, BLiSPI dan ASA Foundation sepakat untuk melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU). Tidak tanggung-tanggung, pada kerjasama yang pertama ini, ASA Foundation langsung menawarkan kerjasama selama lima tahun. BLiSPI dan ASA Foundation akan berkolaborasi dalam program pelatihan pelatih di 10 kota di Indonesia yang didanai oleh perusahaan gerai kopi internasional, Starbuck.

“Komunikasi dengan pihak BLiSPI berjalan sangat baik. Kita memiliki spirit yang sama untuk memajukan olahraga Indonesia khususnya cabang sepak bola,” tandas Lee.

Lee merinci, dalam melaksanakan program pelatihan pelatih yang didanai Starbuck ini, ASA Foundation dan BLiSPI akan berbagi tugas. Selain untuk cabang sepak bola, program pelatihan pelatih ini juga akan menyentuh cabang basket. Konkretnya, BLiSPI dipercaya menjadi penyelenggara program pelatihan pelatih ini.

“Jadi BLiSPI yang akan melaksanakan program pelatihan pelatih di 10 kota ini. Programnya kami yang siapkan,” ujar Lee.

Lee lebih lanjut menjelaskan, sesuai permintaan pihak Starbuck, program pelatihan akan diikuti sebanyak 30 peserta dengan rincian 20 peserta dari karyawan Starbuck dan 10 peserta dari guru-guru olahraga atau pelatih di kota setempat.

“Tujuan dari program pelatihan pelatih ini untuk meningkatkan kualitas guru olahraga dan pelatih di kota setempat. Setelah mengikuti pelatihan, selanjutnya para peserta kami harapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapat dari program pelatihan ini kepada siswa sekolah atau siswa Sekolah Sepak Bola yang mereka bina. Kami akan monitor sampai dengan enam bulan ke depan, sejauh mana pengimplementasian hasil pelatihan yang mereka dapat,” papar Lee.

Lee berharap kerjasama dengan BLiSPI akan berjalan dengan baik. Dia memastikan, kerjasama dengan BLiSPI tidak hanya sebatas dalam pelaksanaan program pelatihan pelatih yang didanai Starbuck. Karena selain dengan Starbuck, ASA Foundation juga bermitra dengan Unicef badan dunia yang mengurusi anak-anak, kedutaan besar Amerika Serikat di Indonesia dan klub Inggris Manchester City.

“Saya berharap kerjasama ini tidak hanya sebatas program pelatihan pelatih Starbuck, namun dapat diperluas lagi. Untuk mendorong pembinaan sepak bola usia dini dan usia muda di Indonesia,” tandasnya.

Siap Bersinergi

Antusiasme yang sama dilontarkan Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan. Dikatakan, BLiSPI, siap mensukseskan program pelatihan yang digagas ASA Foundation dan didanai Starbuck.

“Kami menyambut baik kepercayaan yang diberikan ASA Foundation. Program yang dirancang ASA Foundation sangat bagus untuk meningkatkan kualitas guru-guru olahraga dan pelatih kita,” ujar Subagja.

“Kita akan dorong pengurus-pengurus BLiSPI provinsi di seluruh Indonesia khususnya di 10 kota yang menjadi pelaksanaan program pelatihan. Kita harapkan pihak ASA Foundation dan Starbuck dapat memperluas cakupan daerah pelaksanaan program pelatihan. Bahkan kita sangat kita harapkan pelatihan dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia,” pungkas Subagja.

Subagja berharap ke depan akan semakin banyak pihak sponsor yang terdorong untuk mendorong program pembinaan sepak bola usia dini dan usia muda di Indonesia, seperti yang dilakukan ASA Foundation dan Starbuck.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here