Keren, Chef William Wongso Raih Medali Kehormatan di Paris

0
767

LIPUTAN1.COM–Nama Indonesia terus menggaung di dunia internasional, bukan hanya melalui keindahan melainkan dari sisi kulinernya. Melalui kelihaian tangan Chef William Wongso yang tak mengenal lelah menyulap kuliner Indonesia di seluruh dunia internasional, hasilnya pria berusia 70 tahun ini meraih Medali Kehormatan (Medaille d’Honneur) dari Academie du Pain Indonesia di Paris. Keren!

Maestro Chef Indonesia ini menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi member Elite de la Boulangerie Internasional. Ini menjadi kehormatan yang luar biasa buat Tanah Air. Pasalnya, dirinya dipercayakan menjadi member juri dalam kompetisi tingkat dunia Bakery Master di Paris dari tanggal 2 hingga 6 Februari 2018.

“Sebagai member juri, saya memiliki tugas menseleksi The World Master Baker yang diikuti 18 pembuat roti (baker) terbaik di seluruh dunia yang akan berkompetisi untuk dipilih menjadi enam terbaik dengan spesialis atau keahlian masing-masing,” ujar Chef William Wongso di Paris, Senin (5/2/2018).

Acara kompeisi ini diadakan bersamaan dengan pameran EUROPAIN yakni pameran terbesar di bidang bakery, pastry dan cokelat. Event ini dilaksanakan setiap tahun di Paris, Perancis. Bakery Masters atau kerap disebut sebagai Masters de la Boulangerie ini diadakan oleh LESAFFRE.

Balutan dalam mengolah masakan yang dilakukan oleh Chef William Wongso terus menuai pujian, bukan hanya menjadi salah satu juri internasional di bidang bakery, pastry serta cokelat saja. Pria bernama asli William Wirjaatmadja Wongso ini menjadi anggota EBI, Club Elite de la Boulangerie Internasional.

“Saya juga menjadi member EBI, di mana Club ini merupakan kumpulan the best maestro baker dari seluruh dunia. Untuk anggotanya berjumlah 33 members dari seluruh dunia. Dengan masuknya saya di member tersebut tentu membawa dampak buat Indonesia yang kian dikenal dunia melalui jalur kuliner,” paparnya.

Medali kehormatan ini diserahkan langsung oleh Christian Vabret – Meilleur Ouvrier de France – Fondateur Coupe du Monde de la Boulangerie yang disaksikan oleh Pierre Zimmermann (member EBI di Chicago), Jimmy Griffin (member EBI di Irlandia – Gateway) serta Francois Brandt (member EBI dari Belanda).

Terpisah, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Perancis, Eka Moncarre menuturkan bahwa melalui Chef William Wongso ini artinya dunia sudah melihat, meyakini serta mengapresiasi karena punya jaminan mutu berkelas dunia. Bahkan, dari sekian juri sudah mensepakati kekuatan memasak luar Indonesia.

“Kita harus bangga dan mendukung apa yang dilakukan Chef William Wongso, karena ini bisa ditularkan ke chef yang lain sehingga memiliki generasi penerus. Otomatis nama Indonesia terus mendunia,” paparnya.

Eka menegaskan melalui Chef William Wongso maka ini menjadi endorse buat kuliner Indonesia serta sebagai magnet untuk membawa dampak baik buat kuliner Tanah Air yang terus bergerak cepat , sehingga kuliner Indonesia bisa dikenal dunia. Bahkan, penobatan kuliner Indonesia sebagai kuliner terlezat di dunia akan semakin sulit digoyahkan.

“Apa yang dilakukan Chef William Wongso berdampak bagus buat Indonesia, terlebih kekuatan kuliner Indonesia bisa mendongkrak sekaligus dipromosikan oleh orang yang luar biasa seperti Chef William Wongso,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku bangga terhadap Chef William Wongso yang terus mempromosikan kuliner Indonesia. Baginya, kuliner bukan saja dilihat oleh kasat mata melainkan harus dirasakan.

“Semakin dilestarikan semakin disejahterahkan, itulah kunci kekuatan kuliner Indonesia. Saat kuliner Indonesia dikemas menjadi indah dan baik dalam proses penyuguhan maka cita rasa kuliner Tanah Air tidak bisa tertandingi lagi dan itu yang dilakukan oleh Chef William Wongso,” tukasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here