20.000 Pemuda Meriahkan Apel Kebangsaan Pemuda Muslim Indonesia

0
743
istimewa

LIPUTAN1.COM, YOGYAKARTA-Sebanyak 20.000 pemuda-pemuda Indonesia dipastikan hadir dalam Apel Kebangsaan Pemuda Muslim Indonesia “Pemuda Hebat Menjaga Bumi” di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (16/12).

Para pemuda tersebut berasal dari 10.000 Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Nahdlatul Ulama (NU), dan 10.000 Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah.

Event yang menjadi program dari Kemenpora di Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda, yang dipimpin Asrorun Niam Soleh ini sengaja memilih Candi Prambanan sebagai tempat penyelenggaraan karenai sebagai simbol perdamaian kepada masyarakat bahwa perbedaan agama, suku, ras, dan budaya tidak akan mengurangi komitmen persatuan sebagai negara-bangsa yakni satu bangsa, satu nusa, satu bahasa-Indonesia, ini adalah salah satu maksud diambilnya tema tersebut menginat kondisi di beberapa wilayah Indonesia tengah dilanda bencana.

Kegiatan ini juga menjadi komitmen menjaga persatuan di tengah minimnya kepedulian terhadap lingkungan; saling menghujat, memfitnah , berita hoax yang kerap terjadi saat ini.

Rencananya selain apel kebangsaan, perhelatan ini juga akan diisi beberapa kegiatan lain, mulai dari olahraga, pelepasan pemuda tanggap bencana hingga gerakan menanam pohon, dan acara ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo, serta Menpora Imam Nahrawi.

“Ukhuwah Islamiyah dan kerukunan intern umat termanifestasi dalam kebersamaan pemuda NU dan Muhammadiyah sebagai elemen terbesar bangsa. Tempat di Prambanan, sebagai manifestasi kerukunan antarumat beragama. Sementara kehadiran Presiden sebagai simbol kerukunan umat beragama dengan Pemerintah,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni’am Sholeh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here