FIA Ingin GP Brasil Diperketat Pengamanannya

0
322
Istimewa

LIPUTAN1.COM, BRAZIL-Aksi perampokan menggunakan senjata di Sirkuit Interlagos pada GP Brasil 2017 membuat FIA bereaksi. Badan olahraga balap mobil Formula 1 ini meminta adanya sistem keamanan baru untuk balapan tahun depan.

Petinggi FIA mengajukan permintaan khusus kepada penyelenggara GP Brasil dalam pertemuan di Paris, Prancis, Rabu (6/12/2017). Mereka meminta adanya pengamanan dari pihak yang independen dan sudah teruji serta adanya komunikasi yang lebih baik dengan polisi.

Pada GP Brasil musim ini, terjadi dua tindakan kriminal menjelang balapan. Kru tim Mercedes yang lebih dulu mengalami penodongan menggunakan pistol oleh perampok pada Jumat (10/11/2017) malam waktu setempat.

Lewis Hamilton mengecam insiden tersebut. Pebalap Mercedes yang menjadi juara dunia 2017 tersebut mengkritik keras pihak penyelenggara mengingat hal tersebut telah berulang kali terjadi.

Usai peristiwa yang menimpa kubu Mercedes, giliran pihak Pirelli yang mengalami hal serupa. Beruntung, dari semua peristiwa tersebut tidak ada yang memakan korban nyawa.

“Merekomendasikan agar promotor, yang bertanggung jawab atas keamanan evvent, mempertahankan pakar keamanan yang independen untuk mengevaluasi dan memberi saran mengenai rencana keamanan, menerapkan pusat pelaporan polisi di sirkuit dan meningkatkan komunikasi secara keseluruhan antara promotor, polisi dan para stakholder F1,” demikian pernyataan FIA.

“Dewan mendesak promotor menerapkan rekomendasi ini dan memperbaiki situasi menjelang event tahun depan. FIA akan menawarkan untuk berpartisipasi dalam diskusi dengan pihak berwenang setempat dan memantau langsung situasinya.”

Formula 1 tahun depan akan akan berjumlah 21 seri dimulai pada 25 Maret di Australia dan berakhir pada 25 November di Abu Dhabi. GP Brasil akan berlangsung pada 11 November atau satu seri sebelum GP Abu Dhabi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here