Bahas Masalah Transportasi, Gubernur DKI Jakarta Temui Menhub

0
311
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno beserta jajaran di Gedung Karsa, kementerian Perhubungan, Senin (4/12). Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan ini adalah sistem loopline untuk transportasi berbasis rel.

“Kemudian yang kedua Loopline. Insya Allah kita segerakan untuk membahas lebih jauh persiapannya.Jadi Detail Engenering Design (DED), nanti prosesnya akan kita mulai dan kita berharap, nanti lintasan-lintasan kereta api di Jakarta tidak lagi jadi titik-titik kemacetan.  Karena keretaapi-nya nanti sudah bisa elevated. Tadi, itu yang kita diskusikan salah satunya,” ujar Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Karsa Kementrian perhubungan, Senin (4/12).

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, kemungkinan untuk merealisasikan hal ini dengan menggunakan teknologi Amerika. Untuk tahap awal akan melakukna tahap Detail Engenering Design (DED). “Ini (teknologi) Amerika –  Jepang, nanti dulu deh. Loopline kita akan selesaikan DED atau basic design kira-kira tiga bulan. Setelah itu baru kita akan mulai semacam tender,” kata Menhub.

Ia menambahkan, sistem Loopline ini diproyeksikan akan menghabiskan dana hingga Rp 15 Triliun. Namun, baik Anies mauoun Menhub belum bisa membocorkan dari mana angaran tersebut diambil, apakah dari APBN atau APBD.  “Ini proyeksi awalnya Rp 12-15 Triliun. Belum sampe ke situ. Nanti kita siapkan DED-nya dulu bulan ini. Kemarin dari situ dibuat perencanaan lebih matang mengenai penganggaraannya,” tutup Menteri Perhubungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here