Urawa Reds Diamonds Sukses Raih Gelar Liga Champions AFC

0
434

LIPUTAN1.COM, JEPANG-Urawa Reds Diamonds berhasil meraih gelar Liga Champions AFC yang kedua setelah mengalahkan Al Hilal dengan skor tipis 1-0, Sabtu (25/11). Klub asal Jepang itu unggul agregat 2-1.

Rafael Silva kembali muncul sebagai pahlawan karena golnya pada menit ke-88 sudah cukup mengantarkan gelar untuk Urawa Reds.

Dengan gelar ini, Urawa Reds menjadi klub Jepang pertama yang mampu dua kali menjadi juara Asia, dengan gelar sebelumnya terjadi satu dekade yang lalu.

Urawa Reds sebenarnya lebih diunggulkan di pertandingan ini karena mereka tampil di hadapan pendukung sendiri dan mampu mencuri gol di markas lawan ketika bermain imbang 1-1 di Arab Saudi.

Urawa Reds menekan pertahanan tim tamu sejak menit pertama, dan mereka memiliki peluang di awal babak pertama ini ketika clearance yang lemah dari Mohammed Jahfali membuat Kazuki Nagasawa mampu melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, namun hanya menyamping tipis di sisi gawang.

Nagasawa, yang ditempatkan di posisi yang lebih maju namun juga mendapat tugas seperti biasa untuk mengawal pertahanan dari depan, memiliki peluang lagi setelah merebut bola dari Salman Al-Faraj, namun tembakannya langsung mengarah kepada Abdullah Al-Mayouf.

Al Hilal kadang harus mencari ritme permainan sendiri dan mereka terlihat kurang greget menyerang seperti biasa dengan cederanya Carlos Eduardo.

Meski begitu, Salem Al-Dawsari mencoba dengan kemampuan terbaiknya untuk menyerang dan ia sempat mengancam pada menit ke-25. Dengan cerdik, ia mampu melewati Tomoya Ugajin sebelum melepaskan sepakan keras, namun hanya melambung di atas mistar gawang.

Tiga menit jelang berakhirnya babak pertama, mereka memiliki peluang bagus untuk mendapat gol tandang yang dibutuhkan di pertandingan ini ketika Omar Kharbin mengirim umpan ke arah Nicolas Milesi, namun tembakan sang gelandang hanya melebar.

Seperti yang ditunjukkan di leg pertama, Urawa Reds terus menampilkan organisasi permainan yang menawan dan itu tampak meningkat sehingga membuat Al Hilal harus melakukan sesuatu spesial agar bisa membongkar pertahanan tuan rumah di babak kedua.

Sebaliknya, justru Urawa Reds yang lebih berbahaya dan Al-Mayouf dengan brilian menjaga timnya tidak kebobolan pada menit ke-73 dengan melakukan penyelamatan refleks terhadap sundulan Shinzo Koroki sebelum mementahkan usaha Silva.

Ketika pertandingan menyisakan 12 menit lagi, Al Hilal harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Al-Dawsari mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Wataru Endo.

Unggul jumlah pemain, Urawa Reds tampil dominan di sisa pertandingan, apalagi mereka sudah mendapat gol tandang yang sangat penting.

Pada menit ke-88, Silva memecahkan kebuntuan untuk Urawa Reds. Ia mampu mengatasi Penjagaan Osama Hawsari dan memanfaatkan passing Yuki Muto dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti, tak mampu dihalau Al-Mayouf.

URAWA RED DIAMONDS: Shusaku Nishikawa, Wataru Endo, Yuki Abe, Tomoaki Makino, Tomoya Ugajin (Mauricio Antonio 74’), Yosuke Kashiwagi (Tsukasa Umesaki 90’), Takuya Aoki, Kazuki Nagasawa, Yuki Muto, Rafael Silva, Shinzo Koroki (Zlatan Ljubijankic 84’).

AL HILAL: Abdullah Al-Mayouf, Mohammed Al-Breik, Osama Hawsawi, Mohammed Jahfali, Yaseer Al-Shahrani, Abdullah Otayf (Mohammed Al-Shalhoub 88’), Nicolas Milesi, Salman Al-Faraj (Yaseer Al-Qahtani 68’), Salem Al-Dawsari, Nawaf Al-Abed, Omar Kharbin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here