Manfaat Konsumsi Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

0
464
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Pohon pisang menjadi salah satu tanaman primadona di Indonesia. Hampir di setiap pelosok daerah, terdapat berbagai jenis pisang. Dan di setiap kebun terdapat sedikitnya ada 1 buah pohon pisang. Buah ini memang multi guna, ada berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan dasar dari buah pisang atau pun sebagai pendampingnya.

Manfaat dari buah pisang sudah tidak dapat diragukan lagi dilihat dari ari kandungan yang terdapat pada buah pisang di antaranya vitamin B6 (0,5mg), mangan – 0,3 mg, Vitamin C – 9 mg, Kalium – 450 mg, Serat – 3g, Protein – 1 g, Magnesium – 34 mg, Folat – 25.0 mcg, Riboflavin – 0,1 mg, Niasin – 0,8 mg, vitamin A – 81 IU, Besi – 0,3 mg

Menambahkan pisang ke dalam menu diet harian, memiliki berbagai macam manfaat dalam tubuh. Pisang dapat membantu tubuh menurunkan berat badan, menjaga lambung tetap sehat, memberikan nutrisi pada tubuh serta mengatur irama pada jantung .

Berikut 4 manfaat pisang yang sangat baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Potasium yang terkandung pada buah pisang baik untuk kelancaran peredaran darah. Kandungan kalium juga membantu mengatur tekanan darah. Hal tersebut dapat menekan adanya risiko strok yang dapat menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu Pencernaan Pada Usus

Sekarang Anda tidak perlu lagi menggunakan obat pencahar, Hanya cukup dengan mengonsumsi buah pisang saja. Mengkonsumsi pisang dengan tambahan segelas susu, dapat membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya pada usus seperti terjadinya gejala kanker usus besar. Pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai penahan inflamasi karena proses tersebut bisa dipercepat dengan adanya bantuan vitamin C  yang terdapat pada buah pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pisang juga membantu menjaga kesehatan mata. Pisang juga memiliki sejumlah vitamin A, yang dapat larut dalam lemak dan juga sangat penting untuk melindungi mata. Pemberian vitamin A yang cukup dapat mengurangi risiko terjadinya kebutaan dini dan yang sangat penting sebagai alat untuk dapat melihat . Setiap hari wanita membutuhkan sedikitnya 700 mikro gram Vitamin A dan pria membutuhkan 900 mikro gram.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengonsumsi pisang setiap hari pada saat sarapan, dapat menambah kebutuhan nutrisi bagi tubuh yang dapat membantu fungsi kerja jantung. Pisang juga kaya akan mineral seperti elektrolit kalium. pada saat kalium masuk ke dalam tubuh, maka akan langsung masuk ke dalam aliran darah melalui dinding pada usus. Kalium juga berjalan di sekitar sel-sel di dalam seluruh tubuh dan dapat larut dalam cairan sel.

Proses ini akan terus mengalir ke seluruh sistem tubuh, yang sangat diperlukan untuk membuat jantung supaya tetap berdetak. Dalam sebuah kasus kekurangan kalium yang parah, irama pada jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat berujung kematian.

Manfaat yang terdapat pada buah pisang mencakup banyak hal, mulai dari adanya kebutuhan asupan makanan setiap hari, menjadi salah satu media pengobatan, hingga dapat diperuntukkan untuk ibu hamil. Ayo jadikan buah pisang sebagai salah satu menu makanan sehat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here