Cabor Diminta Segera Kirimkan Proposal Anggaran

0
400

LIPUTAN1.COM, Jakarta-Pihak KONI Pusat meminta kepada setiap cabang olahraga (cabor) untuk segera menyiapkan proposal pengajuan kepada Kemenpora sehingga dana pelatnas segera bisa dicairkan.
Langkah itu dilakukan sehingga proses pelatnas bisa segera dilakukan mengingat mepetnya waktu penyelenggaraan untuk menghadapi Asian Games 2018 yang tinggal menghitung bulan saja.
Menurut Eka Wahyu Kasih, Wakil Ketum KONI, saat ditemui dalam Rapat Koordinasi KONI di Grand Mulya Bogor, Kamis (16/11) menjelaskan bahwa KONI mendapat tugas untuk berperan aktif dalam mengawasi serta mendampingi para cabor dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 95/2017 terkait persiapan menuju Asian Games 2018.
“Kami sudah bertemu dengan Wapres pada 13 November lalu, dan meminta agar Pelatnas segera diselenggarakan, dan segera cabor siapkan proposal pengajuan anggaran ke Deputi IV Kemenpora secepatnya, karena waktu sudah sangat mepet, dan dana bisa segera digunakan,” tutur Eka.
Dirinya menegaskan, terkait proses pengajuan proposal ke Deputi IV Kemenpora, para cabor diminta juga untuk membuat terusan proposal ke KONI, sehingga KONI bisa menjalankan tugas dan fungsinya yaitu mengawasi dan mendampingi.
“KONI Pusat dalam hal ini tidak menghalangi proses birokrasi pengajuan proposal cabor tersebut, tujuan KONI Pusat mendapat terusan proposal adalah agar bisa memantau kerja cabor yang sesuai dengan pengajuannya, karena KONI Pusat akan melaporkan sebagai pertanggungjawabannya,” jelas Eka.
Namun jika ada cabor yang mengalami kendala dalam mempersiapkan proposal anggaran tersebut, KONI Pusat terbuka untuk membantu dan ikut terlibat dalam mempersiapkan proposal tersebut sesuai dengan pengajuan dan kebutuhan yang diperlukan cabor itu sendiri.
“KONI Pusat juga terbuka untuk kita memberikan bimbingan teknis cara membuat proposal, progrsm dan anggaram agar segera diajukan sehingga dana tidak terlambat. KONI Pusat pun aktif mensosialisasikan hal ini sehingga kita kawal segera memasukkan proposal dan anggaran secara detail,” tegas Eka.
Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB Gabsi ini memastikan bahwa KONI Pusat dalam hal ini memudahkan jalannya proses pengajuan, tanpa menyulitkan cabor dengan regulasi birokrasi yang selama ini. “KONI Pusat tidak memperpanjang, semua proposal itu langsung ke Deputi IV, namun KONI Pusat diminta mengawasi dan mendampingi, jadi sebelum ke Deputi IV, KONI Pusat dilibatkan. Tujuannya untuk membantu bukan untuk membebankan, karena nantinya semuaa anggaran dikirim langsung ke cabor, tapi KONI Pusat tetap akan mengawasi agar dana bisa digunakan secara maksimal,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here