Kominfo Pastikan Sipol KPU Tidak Terdaftar

0
676
istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan, Sistem Informasi Partai Politik Komisi Pemilihan Umum (Sipol KPU) baik yang sudah didaftarkan maupun yang belum, tetap dinyatakan legal.

“Sistem KPU legal. Jadi meskipun tidak didaftarkan bukan berarti sistemnya ilegal. Ilegal atau tidaknya itu berkaitan dengan ada atau tidak mekanisme yang tak sesuai dengan softwarenya, dan itu hanya bisa diketahui lewat audit forensik digital,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers di Kominfo, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Menurut Samuel, setiap sistem informasi elektronik milik lembaga negara tetap merupakan sistem yang legal sekalipun belum didaftarkan ke Kominfo. Namun, ia mengingatkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, setiap sistem elektronik berkenaan pelayanan publik wajib didaftarkan.

Ia pun berujar, setiap instansi memang tidak dikenakan sanksi jika tidak mendaftarkan sistemnya. Tetapi, Kominfo dikatakannya tidak bisa memberikan bantuan jika di kemudian hari terdapat masalah atas sistem tersebut.

“Semua penyelenggara negara harus mendaftarkan sistemnya, sehingga kalau ada apa-apa kita bisa membantu mereka,” kata Samuel.

Tak hanya itu saja, Samuel menjelaskan, salah satu fungsi pendaftaran sistem informasi elektronik bertujuan agar pemerintah dapat membuat pemetaan sistem elektronik seluruh penyelenggara negara. Termasuk KPU.

Samuel juga menjelaskan, pihaknya telah bertemu dengan KPU guna membicarakan persoalan ini. Bahkan, menurutnya, dalam waktu dekat KPU akan mendaftarkan SIPOL ke Kominfo.

“Jadi sekali lagi, yang belum mendaftarkan bukan berarti sistemnya ilegal, namun keamanannya menjadi tanggung jawab mereka. Dan mereka yang belum mendaftar kami imbau untuk segera mendaftar,” katanya.

Sebelumnya partai-partai yang tidak lolos seleksi administrasi di KPU menggugat Sipol KPU ke Bawaslu. Mereka menyatakan Sipol merugikan partai karena kerap terjadi masalah secara sistem.

Belakangan diketahui, KPU belum mendaftarkan Sipol-nya Ke Kominfo. Namun demikian Kominfo menekankan Sipol tetap legal.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here