Anies Baswedan Akan Cabut Larangan Sepeda Motor Melintas di Sudirman-Thamrin

0
475
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan kembali mengizinkan para pengendara sepeda motor untuk melewati Jalan Medan Merdeka Barat-Thamrin. Keputusan tersebut bertujuan agar semua warga memiliki akses lebih mudah. Pelarangan roda dua atau sepeda motor di jalan tersebut dinilai tidak adil karena membatasi penggunaan jalan yang juga sama-sama warga masyarakat DKI.

Anies pun berencana akan merevisi Peraturan Gubernur Nomor 141 tahun 2015 yang dikeluarkan era kepemimpinan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

“Kita ingin agar kendaran roda dua bisa lewat Jalan Sudirman-Thamrin. Jadi rancangan yang sudah ada supaya diubah agar bisa mengakomodasi kendaraan roda dua. Kita ingin memastikan seluruh area di Jakarta ini bisa accessible kepada warganya, baik roda dua roda empat atau lebih,” kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Senin (6/11).

Anies pun telah menyampaikan keinginannya tersebut kepada SKPD terkait dan meminta mengubah dan menyediakan jalur motor.

“Dalam gambar tidak ada space kendaraan roda dua. Kalau nanti dilaksanakan seperti itu, maka nanti roda dua tidak akan bisa masuk ke Sudirman dan Thamrin. Nanti saya minta diubah, rancangan harus bisa akomodasi roda dua,” tuturnya.

Rancangan pembangunan yang dimaksud Anies adalah rancangan terkait pembangunan trotoar di kawasan Sudirman-Thamrin jelang Asian Games 2018. Dalam rancangan awal memang tidak ada peruntukan jalan untuk kendaraan roda dua yang melintas di jalur tersebut.

Anies menargetkan revisi rancangan pembangunan trotoar kawasan Sudirman-Thamrin ini supaya dapat di selesai secepatnya. Sebab, pada Desember 2017, pembangunan tersebut harus sudah dieksekusi.

“Akan cepat ini. Karena rencananya akhir November harus sudah masuk proses tender dan Desember harus eksekusi. Minggu ini mereka menggarap. Sebetulnya mereka sudah memiliki gambaran solusinya kalau roda dua,” ujar Anies.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here