Kemenpar Gelar Seminar Sadar Pariwisata untuk Masyarakat Kendal

0
395
Istimewa

LIPUTAN1.COM, KENDAL– Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap potensi wilayah kepariwisataan di Indonesia. Salah satu cara Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu menggelar diskusi panel di daerah.

Kemenpar menggelar seminar pelatihan dasar SDM kepariwisataan kepada 200 orang dari lapisan masyarakat dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Kendal, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/11). 

Target Kemenpar, ratusan orang tersebut nanti menjadi ujung tombak pemasaran destinasi wisata di Jateng.  Pariwisata merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa.

Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ahman Sya diwakili Direktur Badan Otorita Pengembangan Destinasi Danau Toba, Faisal  menjelaskan, kegiatan ini langkah mendorong percepatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata untuk mengembangkan potensi pariwisata di Indonesia.

Menurut dia, pariwisata memiliki peranan penting. Karena di lapangan, masyarakat bersentuhan langsung dengan para wisatawan. Masyarakat pula mendapat profit dari kegiatan pariwisata. “Sehingga penting bagi masyarakat memahami dan mengetahui dengan baik apa itu pariwisata,” kata Faisal .

Melalui pelatihan ini, para peserta dapat memahami lebih jauh tentang potensi wisata daerah sebagai sumber mata pencarian. “Saya  berharap semua peserta dalam seminar ini dapat menyebarluaskan materi ini pada masyarakat lebih luas,” harap Faisal.

Dia melanjutkan, peran SDM dalam pengembangan pariwisata sangat krusial karena SDM  dapat menentukan kenyamanan dan kepuasan para wisatawan. “Kabupaten Kendal harus memiliki ini semua dengan kondisi semakin pesatnya perkembangan pariwisata di Kendal,” ujar Faisal lagi.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kendal Tavip Poernomo mengatakan, kegiatan ini dilakukan demi memajukan sektor pariwisata dengan SDM-SDM handal. 

Pelatih ini, sekaligus menjadi wadah menciptakan kader-kader pariwisata seperti melalui kelompok-kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk berpatisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata,  terutama di Kendal. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Masyarakat. Arief menilai, kesadaran dan peran serta masyarakat juga merupakak kunci sukses untuk menjual destinasi sebagai produk wisata.

Karena itu, pemahaman dan pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan mutu destinasi wisata “Pariwisata berangkat dari masyarakat dan akan kembali ke masyarakat. Karena itu menjadikan masyarakat Indonesia  dekat dan sadar akan kepariwisataan akan membawa Indonesia menjadi lebih jauh berkembang,” kata Menpar Arief Yahya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here