Bangga dengan Pesona Indonesia, Masyarakat Jayagiri Gelar Pesona Open Tournamen Bola Voli Putri  

0
801

LIPUTAN1.COM, CIAMIS – Brand Pesona Indonesia kian melekat diberbagai lapisan masyarakat. Salah satunya masyarakat Jayagiri, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis yang dengan Inisiatif sendiri menggelar Bola Voli Putri “Poedjangga Cup” pada tanggal  22 Oktober hingga 5 November 2017, di Lapangan Voli Ball Cimuncang.

Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Asdep Personal Kemenpar Wawan Gunawan mengatakan, wisata olahraga ini terbukti menarik antusias warga masyarakat datang dari berbagai penjuru di wilayah Priangan Timur ini.

”Lomba ini diinisasi langsung oleh para masyarakat. Sebagai upaya promosi daerahnya. Kali ini dengan penguatan pada materi acara yang lebih optimal. Tujuannya membentuk kemasan dan dukungan pada potensi daerah sebagai ciri khas dan jati dirinya menjadikan acara semakin tertata dan lebih meriah serta mempunyai nilai jual,” ujar Wawan.

Panitia penyelenggara sendiri, lanjut Wawan, merupakan karangtaruna dan masyarakat Cimuncang. Mereka berhasil mengumpulkan 32 grup peserta putri berusia remaja dari berbagai daerah di Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, Majalengka, Banjar dan Garut.

“Semua dipersatukan dalam olahraga volly, kegiatan ini secara penuh menghadirkan branding dari “Pesona Indonesia” dan menggenjot atraksi wisata di Ciamis dan sekitarnya,” ujar pria yang juga biasa disapa Ki Dalang Wawan Ajen.

Sementara itu Wawan menambahkan, Final Bola Volly Putri “Poedjangga Cup” dilaksanakan pada Minggu, (5/11) yang terdiri dari 4 besar grup, diantaranya grup Poedjangga Cimuncang Jayagiri, Rajawali Rajapolah Tasikmalaya, SMKN Bantarkalong Tasikmalaya, MTSN 3 Ciamis.

“Antusiasme masyarakat yang tinggi terbukti semarak memadati arena lapangan. Pesona Indonesia sudah menjadi branding untuk memajukan pariwisata budaya, alam, dan buatan di wilayah Ciamis,” katanya.

Kehadiran saya di Poedjangga Cup, juga sebagai mantan pemain Tim Poedjangga saat berjaya di Ciamis tahun 90-an, ucapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran tournamen Bola Volly yang digelar di Jayagiri ini. Menurutnya kegiatan ini berguna untuk mempromosikan salah satu Pesona Indonesia dalam bentuk atraksi sport tourism. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan mendorong pemerintah dae“Ini embrio kegiatan positif yang bisa menjadi daya tarik.  Pesan saya, penting sekali masyarakat untuk dilibatkan secara aktif dalam acara. Mulai dari pemuda, pemerintah daerah, masyarakat harus dilibatkan agar dapat mendorong perekonomian,” kata Menpar Arief Yahya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here