Pemprov DKI Jakarta Siapkan Wisata Halal

0
429
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno menggas rencana wisata halal atau halal tourism di DKI. Hal ini direncanakan setelah berhasil menutup hotel Alexis. Sandiaga Uno mengaku sudah mendapat masukan soal rencana tersebut.

“Kami kedatangan teman dari masyarakat ekonomi syariah (MES), Ketua MES, Bung Reza. Berikan beberapa masukan mengenai halal tourism,” ujar pria yang akrab disapa Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (2/11/17).

Salah satu program wisata halal adalah hotel syariah. Setelah penutupan Alexis, ia pun berencana melatih para mantan pekerja Alexis agar bisa terlibat dalam program wisata halal itu. Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) juga akan bekerja sama dengan gerakan One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK OCE) untuk mendorong kegiatan perekonomian usaha kecil menengah (UKM).

“Salah satu kegiatannya adalah bantu Pemprov, begitu kami dapat daftar nama staf Hotel Alexis, grup yang harus di train (latih), MES sudah bersedia bersama Pemprov menjadi pendamping konsultasi dan advokasinya. Akan di retrain dan akan disalurkan pada hotel berbasis syariah yang sedang berkembang,” terangnya.

Tak hanya itu, MES bersama OKE OCE akan mengembangkan hotel syariah dan ekonomi syariah seperti yang sudah terjadi di luar negeri. Langkah ini untuk mendorong hadirnya semangat baru.

“Untuk mendorong hadirnya semangat baru untuk konversi hotel-hotel yang sekarang operasi konvensional, untuk melirik dimana kaidah perhotelan syariah yang sekarang booming di Bangkok dan KL (Kuala Lumpur) dan mulai tumbuh di Seoul dan Tokyo,” Sandi menambahkan.

Pemprov DKI Jakarta memutuskan tidak memperpanjang izin usaha Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis meski memberikan kontribusi pajak yang besar. Alasannya, karena di dalam hotel Alexis dianggap terjadi praktik asusila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here