Kenali Manfaat Lidah Buaya

0
754
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Di Indonesia tanaman ini seringkali dipakai sebagai solusi untuk menyuburkan rambut. Padahal, lidah buaya mempunyai manfaat yang lebih dari itu lho. Lalu, apa saja kelebihan dari lidah buaya untuk kesehatan?

Lidah buaya atau aloe vera ini merupakan tanaman yang dikenal sejak lama sebagai penyubur rambut, perawatan kulit dan penyembuh luka. Pada awalnya, tumbuhan ini didapatkan di kawasan kering di benua Afrika yang pada akhirnya menyebar di seluruh penjuru dunia.

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan serta teknologi, akhirnya tanaman lidah buaya pun berkembang menajdi bahan baku farmasi dan kosmetika, bahan makanan hingga minuman sehat.

Bahkan menurut banyak penelitian, tanaman ini mempunyai banyak kandungan enzim, mineral, asam amino, vitamin, polisakarida dan juga banyak manfaat lain bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaatnya:

Cegah anemia

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 dan asam folat. Zat tersebut dapat membantu produksi sel darah merah dan juga mencegah terjadinya anemia.

Kaya antioksidan

Kandungan nutrisi dan bioaktifnya bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas. Lidah buaya juga bisa membersihkan polusi pada wajah. Hasilnya kulit wajah pun menjadi lembab dan cerah.

Lancarkan pencernaan

Walaupun kandungan seratnya rendah, daging lidah buaya mengandung 12 antrakuinon yang bersifat laksatif sehingga bermanfaat sebagai pencahar alami. Zat ini membantu untuk melancarkan proses pencernaan sehingga bisa membantu atasi sembelit.

Anti peradangan

Lidah buaya mengandung bradikinesia auksin dan giberelin yang bertindak sebagai antiinflamasi atau meredakan inflamasi pada kulit. Komponen ini bekerja bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh dan mencegah perluasan iritasi pada kulit. Giberelin juga membantu proses regenarasi sel. Asam salisilat yang terkandung di dalamnya juga berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

Cukup kupas kulit lidah buaya dan keluarkan isinya. Kemudian haluskan sampai membentuk seperti jel kental. Oleskan pada seluruh wajah sebagai masker atau kulit yang meradang dan Diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian dibilas.

Membersihkan make up

Lidah lidah buaya pada kapas pembersih dan gunakan untuk menghapus serta membersihkan make up. Kemudian bilas dan cuci muka dengan menggunakan sabun pembersih seperti biasanya.

Cegah penuaan dini

Lidah buaya bisa mencegah munculnya penuaan dini. Terlihat dari kulit yang mengendur keriput dan munculnya kerutan di wajah. Oleh karena itu, konsumsilah lidah buaya secara rutin. Manfaatkan juga sebagai masker agar dapat mengembalikan dan menjaga elastisitas pada kulit. Hasilnya wajah tetap terasa kencang kenyal dan halus.

Untuk mencukur

Bukan hanya bersifat antibakteri, gel lidah buaya memiliki tekstur yang licin sehingga memudahkan ketika Anda bercukur. Cara pemakaiannya pun sangat mudah dan aman. Hanya dengan mengoleskan pada bagian yang dicukur baik itu sebelum maupun sesudahnya.

Tebalkan alis mata

Bukan hanya rambut, daging lidah buaya juga dapat digunakan untuk menebalkan alis mata. Cukup rutin untuk mengoleskan daging lidah buaya sambil ditekan-tekan seperti gerakan memijat pada kedua alis. Lakukanlah ini sebelum tidur secara rutin.

Walaupun lidah buaya memiliki sifat antiperadangan, tetapi tanaman ini juga bisa menyebabkan iritasi dan alergi bagi sebagian orang. Oleh karena itu, sebelum digunakan untuk masker, ada baiknya untuk membersihkan getah dan lendir daging lidah buaya. Setelah itu, cobalah untuk mengoleskan sedikit lidah buaya pada kulit dan tunggulah selama beberapa menit. Jika timbul rasa gatal dan perih, sebaiknya hindari pemakaian bahan alami yang satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here