Sisakan Dua Seri, Lewis Hamilton Rih Gelar Juara Dunia 2017

0
313
Istimewa

LIPUTAN1.COM, MEKSIKO-Lewis Hamilton memastikan diri menjadi juara dunia Formula 1 musim balap 2017. Kendati gagal naik podium pada GP Meksiko, raihan poin pebalap Mercedes itu tetap tak terkejar oleh pesaing utamanya, Sebastian Vettel (Ferrari).

Hamilton hanya finis di posisi ke-9 pada balapan di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City. Meski cuma bertambah dua poin, raihan angka itu tak terkejar lantaran Vettel gagal meraih posisi kedua.

Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, menjadi yang terbaik di GP Meksiko. Dia diikuti Valtteri Bottas (Mercedes) dan Kimi Raikkonen (Ferrari) di posisi kedua dan ketiga.

Adapun Vettel cuma finis di posisi keempat dan meraup 12 poin tambahan. Total, dia mengumpulkan 227 poin dengan dua seri tersisa di Brasil dan Abu Dhabi.

Jumlah itu tak cukup untuk mengejar Hamilton, sekalipun Vettel menjuarai dua seri sisa. Total poin yang dikumpulkan pebalap asal Jerman itu hanya 227 angka, sedangkan poin Hamilton saat ini 233.

Bagi Hamilton, gelar juara kali ini merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya, pebalap berusia 32 tahun itu menjadi juara dunia pada 2008, 2014, dan 2015.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk setiap orang yang datang, semoga kita memberi balapan nan menarik,” ucap Hamilton seusai balapan.

“Para penggemar Meksiko adalah yang terbaik di seluruh dunia dan kalian yang menciptakan suasana ini,” tambahnya.

Hamilton menjadi pebalap Inggris tersukses di ajang jet darat. Dengan empat gelar juara dunia, dia mengalahkan legenda Sir Jackie Stewart dengan keunggulan satu trofi.

Jumlah gelar terbanyak Formula 1 saat ini masih dipegang Michael Schumacher. Dia mengumpulkan tujuh gelar juara dunia.

Menarikya, Schumacher menjadi juara dunia keempat kalinya dalam usia 32 tahun, sama seperti Hamilton. Kans Hamilton untuk mengikuti dan memecahkan rekor Schumacher pun terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here