Dua Pejabat KPK Dipastikan Tidak Penuhi Panggilan Pansus

0
350
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa pejabat unit Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi) tidak akan memenuhi panggilan Pansus Hak Angket KPK.

“Sebagai respons, surat sudah kami kirimkan ke Plt Sekretaris Jenderal DPR RI (Damayanti),” ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (26/10/17).

Ia menjelaskan meski surat panggilan ditujukan kepada Plt Koordinator Labuksi, Irene Putri, statusnya terikat dengan lembaga. Apalagi materi pertanyaan Pansus Angket terkait dengan kewenangan pejabat internal.

“Kami sampaikan 2 hal, pertama, penegasan bahwa pimpinan KPK adalah penanggung jawab tertinggi di KPK sebagaimana diatur di Pasal 21 UU KPK. Kedua, penyampaian kembali informasi bahwa sebelumnya KPK juga sudah mengirimkan surat ke DPR untuk tidak dapat memenuhi undangan tersebut karena menjadi pihak terkait di Mahkamah Konstitusi (MK),” ujar Febri.

Pihaknya kembali menegaskan bahwa Febri tetap akan menunggu proses uji materi terhadap keabsahan hak anget KPK di Mahkamah Konstitusi (MK). Sedianya, Pansus Angket KPK ingin meminta konfirmasi tentang sejumlah hal kepada Labuksi pada pukul 14.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here