Kejurnas Rugby Diharapkan Mampu Picu Atlet Bersaing di Asia

0
607
Istimewa
LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Setelah sukses cabor Gulat, Judo, Atletik dan Berkuda, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 ( INASGOC) kini mendampingi PB Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) dalam menyelenggarakan test event “Road to Asian Games 2018” sejak Juli lalu menjadikan acuan dalam penyelenggaraan ajang serupa di cabang Rugby yang bertajuk Kejuaraan Nasional Rugby 7’s yang digelar 25-27 Oktober 2017 di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.
Test event cabang yang dipertandingkan di Olimpiade ini diikuti 11 perwakilan pengurus daerah dari hampir semua pulau di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan,Sulawesi dan Papua) PBPRUI (Persatuan Rugby Union Seluruh Indonesia).
“Kami menggunakan GOR Soemantri ini hanya sebatas Kejurnas Rugby saja, meski dari hasil ini nantinya mereka yang banyak memiliki talent akan masuk dalam tim inti nasionak yang akan masuk dalam pelatnas Asian Games. Menggunakan GOR ini sebenarnya tidak cocok, karena lapangan sepakbola ini tidak sesuai ukurannya dan di pinggiramnya untuk lintasan Atletik, artinya akan licin ketika ada pemain yang akan mengambil bola Rugby,” ujar Fikri Al Azhar, Manajer Kompetisi usai Pembukaan Kejurnas Rugby, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).
“Sebenarnya, venue Rugby yang ada di lapangan D komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta masih dalam renovasi dan hingga kini masih dalam rapat, karena belum ada tribun dan lampu, mungkin pembangunan tribun tersebut bisa di bangun d3ngan cepat, karena di medio Maret PBPRUI akan menggelar tes event lanjutan yang akan mengundamg tim dari Singapura, Malaysia dan Thailand
Pembukaan test event ‘Road to Asian Games 2018’ ini  dihadiri  oleh Tony SB. Hoesodo, SAP., M.Sc. Wakil I Ketua Bidang Pembinaan Prestasi, Wakil Ketum 1 PBPRUI Yudha Ramon dan Ketua Pelaksana Test Event Rugby.
“Dalam 11 bulan menuju Asian Games, INASGOC bekerjasama dengan federasi cabor Indonesia terus melakukan evaluasi agar dapat menyelenggarakan multievent bertaraf Asia. Untuk para tim dari berbagai daerah ini untuk tampil maksimal dan mampu mengeluarkan talent agar nantinya akan masuk dalam timnas Rugby Asian Games yang akan mewakili Indonesia,” tutur Tony SB. Hoesodo, SAP., M.Sc. Wakil I Ketua Bidang Pembinaan Prestasi.
Selain itu, untuk memenuhi standar pelaksanaan Asian Games, INASGOC dan PB PRUI mengundang international technical officer (ITO) dari Malaysia wasit dan juga menyertakan wasit local (NTO/National Technical Officer).
“Ini menjadi perdana bagi orang Indonesia bermain Rugby yang sebelumnya hanya melihat olahraga ini di luar negeri, Selain itu, Pengalaman di Sea Games kemarin menjadi cambuk para perugby dan pengurus untuk menggebleng berjuang melawan tim-tim lain dari Asia, dan siapa sangka nanti cabor Rugby ini mampu menaikkan bendera merah putih di ajang multievent 4 tahunan ini,”tutup Toni.
Test event Rugby ini mempertandingkan nomor tim putra-ri. Di hari pertama test event Rugby Tim pa Papua vs Jogjakarta 25-6. Dilanjutkan DKI vs Jateng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here