Presiden Jokowi Tunjuk Din Syamsudin Sebagai Utusan Khusus Dialog Agama

0
437
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengangkat mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin, sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban.

Dengan tugas sebagai menjembatani dialog dan mengurai konflik-konflik berlatar agama dan mengembangkan dialog dan kerja sama antarnegara di dalam dan luar negeri.

“Hari ini, saya telah mengangkat Prof Din Syamsuddin sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban, saya berikan tugas untuk mengembangkan dialog antar umat beragama dan peradaban baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujar Jokowi di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/10).

Dalam pelantikan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Din Syamsuddin sendiri.

Din mengakui sempat ragu dan menyarankan Presiden Joko Widodo untuk mencari orang lain selain dirinya. Namun, Presiden Joko Widodo tetap memilihnya untuk menjalankan tugas-tugas utusan khusus ini.

“Saya berniat menjalankan tugas ini sebagai pengabdian terhadap bangsa dan negara. Insya Allah, saya dapat mengemban tugas ini. Tentu saya harus mulai dari dalam negeri,” ungkapnya

Din menyampaikan bahwa ikut menjaga kerukurnan antar umat beragama, baik di dalam maupun luar Indonesia, sudah merupakan tugas bangsa Indonesia sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here