La Nyalla Tebar Inspirasi Bisnis ke Santri Sampang

0
321

LIPUTAN1.COM, SAMPANG – Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti berbagi ilmu dan pengalamannya di dunia wirausaha dengan para santri di Kabupaten Sampang, Pulau Madura.

La Nyalla menceritakan kisahnya memulai usaha dari nol sampai sekarang mempunyai beberapa perusahaan, dan bahkan dipercaya memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim yang beranggotakan belasan ribu pengusaha sejak 2009.

”Kalau mau sukses jadi pengusaha, syarat utama yang harus dimiliki adalah berani mengambil risiko. Tak ada sesuatu di dunia yang bisa diraih tanpa risiko, termasuk di dalamnya ada pengorbanan,” ujar La Nyalla dalam acara Diklat Wirausaha Muda Mandiri Berbasis Pesantren di Ponpes Darussalam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Senin (23/10).

La Nyalla berpesan agar para santri berani mengambil peluang tanpa harus menunda waktu. ”Jangan malu memulai dari nol, toh kita bukan mencuri. Saya ini mulai jualan koran, tukang cuci piring, sampai kernet angkutan kota; semuanya saya lakoni tanpa malu,” ujarnya.

Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim itu juga berpesan tentang pentingnya sedekah dalam mengarungi perjalanan bisnis. ”Jangan lupa sisihkan 2,5 persen pendapatan kita untuk fakir miskin,” ujarnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Darussalam KH Ali Wafa mengatakan, santri ke depan memang harus bisa menjadi pengusaha yang mampu membawa kesejahteraan bagi umat. ”Saya berterima kasih kepada Pak La Nyalla yang telah berbagi pengalamannya kepada santri-santri kami,” ujarnya.

KH Ali Wafa mengaku sudah lama mengenal sosok La Nyalla. Dia mendoakan La Nyalla bisa sukses dalam Pilgub Jatim 2018, sehingga bisa menghadirkan solusi bagi permasalahan ekonomi umat.

Tokoh masyarakat Sampang, H. Ikhwan Amin, juga menyatakan dukungannya untuk La Nyalla agar bisa memimpin Jawa Timur. ”Dedikasi beliau di berbagai organisasi tidak diragukan lagi, kami siap mendukung dan memenangkan beliau,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here