Hari Ini Rute Alternatif TransJakarta Mulai Diberlakukan

0
550
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai hari ini, Senin (23/10) mengoperasikan Rute Ekspres dan Rute Lintas untuk mengurangi kemacetan di wilayah proyek pembangunan underpass (lintas bawah) dan flyover (jalan layang).

Dengan begitu Rute Ekspres dan Rute Lintas itu diharapakan dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh.

“Kita harapkan ini ada hasil yang baik karena hari pertama rute alternatif untuk mensiasati 6 titik yg kemungkinan besar akan tertunda karena ada pembangunan underpass maupun flyover itu,” ungkap Wakil Gubenur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (23/7).

Sandiaga Uno menambahkan, pihaknya akan terus memantau jalannya rute baru tersebut. Sebab, ia tak ingin salah satu moda transportasi di Ibu Kota itu kembali mengalami hambatan kala beroperasi.

“Rute baru ini kita akan kita pantau terus, dan terima kasih teman-teman di Transjakarta yang sudah menindaklanjuti,” ujar Sandi.

Rute-rute itu berdasarkan pada rapat antara PT TransJakarta dan Sandi yang ingin melakukan inovasi untuk mengakali kemacetan imbas proyek infrastruktur jalan di beberapa titik di Jakarta.

Keenam rute itu terbagi atas Rute Ekspres (dari satu titik halte ke halte lain) dan Rute Lintas (melalui berbagai koridor) bus Transjakarta.

Keenam rute Transjakarta yang akan dilakukan pengalihan adalah Pulogadung – Harmoni (rute lintas). Bus akan masuk ke koridor 10 di kawasan Asmi hingga ke Rawasari dan kembai ke koridor 4, Pasar Genjing, Matraman kanan Carolus hingga ke Harmoni. Rute ini akan beroperasi dari pagi, pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WIB dan beroperasi kembali pada sore, pukul 16.00 – 20.00 WIB.

Yang kedua, adalah PGC – Tanjung Priok, bus akan menggunakan tol di Penas dan keluar di kawasan Plumpang, Pertamina dan keluar di Enggano, Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Tanjung Priok. Sama dengan rute di koridor 4, rute ini akan beroperasi.

Begitu pun dengan arah sebaliknya, Tanjung Priok-PGC, bus akan memasuki tol begitu di pintu tol Sunter, hingga keluar di Cawang dan berhenti di PGC. Rute ini nantinya hanya akan aktif pada pagi hari, mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Sementara itu, untuk rute Cililitan – Dukuh Atas, bus TransJakarta akan melintas dari UKI menuju Halte Pramuka BPKP masuk ke koridor 4 sampai Dukuh Atas. Pada rute ini, akan beroperasi dari pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

Sedangkan untuk kelima, rute yang dimodifikasi merupakan rute Ekspres Kampung Rambutan – Kampung Melayu. Rute ini nanti akan masuk dalam kota menuju Cawang setelah memutar di Tanah merdeka dan kemudian keluar di UKI, BNN, Otista hingga Kampung Melayu. Rute ini akan beroperasi pada pukul 05.00 – 09.00 WIB.

Dan yang terakhir rute lintas Monas – Ragunan. Bus ini akan masuk di Bunderan Senayan di Pola menuju ke Pattimura – Mabes masuk ke Koridor 13 Tendean – Mampang – dan Ragunan. Rute ini akan aktif pada pukul 15.00 – 21.00 WIB.

Sandiaga berharap rute baru Transjakarta membawa dampak positif bagi warga Jakarta. Khususnya pengguna Transjakarta untuk menghindari kemacetan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here