Menkopolhukam Segera Rapat Bentuk Densus Antikorupsi

0
394
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto.

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengaku akan segera menggelar rapat khusus tentang wacana usulan pembentukan Detasemen Anti Tindak Pidana Korupsi (Densus) Antikorupsi murni berasal dari Polri.

Rapat ini nantinya akan membahas beberapa hal yang dikhawatirkan banyak pihak tentang pembentukan Densus Antikorupsi.

“Ini usulan, pemikiran, semangat untuk bersama-sama memberantas korupsi itu. Karena baru pemikiran dan usulan, tentu melalui proses yang panjang,” ujar Wiranto di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/10).

Wiranto menjelaskan, pihaknya akan terlebih dahulu membahas kelebihaan dan kekurangan dari Densus Antikorupsi tersebut. Selanjutnya, hasil rapat koordinasi di Kemenko Polhukam tersebut akan dibawa ke rapat terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Kepresidenan.

“Di sana nanti akan diputuskan. Ini masih prematur ya, nggak usah kita ributkan apalagi nggak perlu diperdebatkan,” katanya.

Mengenai rencana rapat tersebut, Wiranto mengaku belum menemukan waktu yang cocok untuk bisa mengumpulkan sejumlah menteri maupun kepala lembaga negara terkait.

“Belum tahu, nanti kan kita cari waktu yang tepat, apakah para pejabat ada di tempat, apakah mereka bisa hadir, kalau ada rapat tapi enggak hadir kan percuma,” jelas Wiranto kepada media.

Gagasan Polri tersebut akan dikepalai oleh Jenderal bintang dua dan akan merekrut lebih dari 3.000 personel dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp2,6 triliun.

Rencananya, Densus Antikorupsi yang diinisiasi sebagai peningkatan status dari Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittiikor) akan berkantor di gedung baru di Polda Metro Jaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here