Dampak Keringat Berlebihan Terhadap Tubuh

0
637
Isrtimewa

LIPUTAN1.COM-Pada umumnya orang berkeringat apabila udara panas atau sehabis olah raga. Tapi berhati-hatillah apabila anda berkeringat berlebih dalam keadaan udara tidak panas dan tidak sehabis olahraga.

Berkeringat berlebihan, atau disebut juga hiperhidrosis, dapat menjadi gejala dari kelebihan berat badan, diabetes, gangguan tiroid, ataupun infeksi.

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan yang terkadang tidak diakibatkan oleh suhu panas ataupun olahraga. Penderita bisa berkeringat sangat banyak, sampai-sampai keringat menembus pakaian dan menetes ke tangan.

Berikut ini beberapa penyakit yang ditandai keringat berlebih:

  1. Infeksi kronis

Waspadailah apabila anda berkeringat banyak padahal tidak habis olahraga atau udara panas. Keringat berlebih  bisa disebabkan karena infeksi kronis dari suatu penyakit. Beberapa penyakit yang menyebabkannya antara lain adalah seperti TBC, HIV/AIDS, atau mungkin juga kanker. Kunjungi dokter untuk melakukan investigasi awal seperti tes darah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

2. Gula darah rendah

Ternyata keringat berlebih juga bisa menjadi salah satu gejala gula darah rendah. Biasanya merupakan kombinasi gejala lainnya, seperti pusing dan mual. Gula darah dikatakan rendah jika di bawah 70 mg.

3. Masalah pada jantung

Apabila tubuh anda sering berkeringat padahal tidak sedang olahraga atau udara tidak panas. Bisa jadi anda memiliki kelainan pada jantung. Ketika ada masalah, jantung akan menggunakan banyak energi untuk memompa darah dan memicu keluarnya keringat.

4. Limfoma

Berhati-hatilah apabila anda mengalami keringat berlebihan, karena seorang yang terkena limfoma atau kanker pada kelenjar getah bening juga bisa mengalami keringat berlebih karena melemahnya sistem kekebalan tubuh.

5. Hipertensi

Ternyata keringat berlebih juga bisa menandakan penyakit hipertensi. Tanpa disadari, keringat yang sangat banyak muncul ketika tekanan darah tinggi. Cek tekanan darah anda saat keluar keringat berlebihan tanpa alasan yang jelas

6. Akibat stres

Seseorang yang sedang stres akan mengalami keringat yang berlebihan. Karena stres juga ternyata bisa menyebabkan keringat berlebih, Mengapa demikian?  karena  stres memicu kelenjar apokrin yang memproduksi keringat lebih banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here