Bintan Sambut Yachter 30 Negara di Lagoi

0
321
Istimewa
LIPUTAN1.COM, BINTAN – Pelayar-pelayar dunia makin intens menjelajahi eksotisme bahari Indonesia. Tengok saja Wonderful Sail to Bintan 2017. Pesonanya sukses mendatangkan 40 yacht dari 30 negara ke Bintan, 19 Oktober 2017. Semuanya ikut joint dalam yang dibingkai dalam rangkaian Wonderful Sail to Indonesia itu.
Ya, 19 Oktober nanti, Bintan bakal ramai dikunjungi puluhan yacht. Mereka akan digiring langsung menikmati indahnya pantai berombak di Bintan.Laporan terakhir yang diterima Dinas Pariwisata Bintan, puluhan kapal pesiar ini akan menuju ke Terminal Ferry Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi Bintan dari dua negara. Pertama Australia. Satunya lagi Singapura.
“Total ada 40 yacht yang akan bergabung di Wonderful Sail To Bintan di Lagoi. Sebanyak 13 yacht akan berangkat dari perairan Australia, 27 yacht dari Singapura,” jelas Bupati Bintan Apri Sujadi yang didampingi Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira, Rabu (18/10).
Detailnya langsung dijabarkan Luki Zaiman Prawira. Dari paparannya, masing-masing yacht akan membawa 4 orang wisatawan mancanegara. Jika 40 yacht, diperkirakan total wisman yang akan berkumpul di acara ini mencapai 160-an yachter. “Di darat, semua tamu istimewa ini bakal disambut beragam even menarik,” tambahnya.
Dari mulai aktivitas belanja, pelepasan tukik di Pantai Banyan Tree Lagoi, pada 20 Oktober, semua bkal dilakoni. Wisata religi ke Vihara Patung Seribu diTanjungpinang serta menyaksikan lomba sampan naga di dalam Festival Bahari Kepri (FBK) di Tanjungpinang, juga bakal ikut membius peserta Wonderful Sail To Bintan.
Para yachter juga akan diajak menyaksikan meriahnya parade kapal hias dalam event Festival Sungai Carang (FSC) di Senggarang Tanjungpinang. Setelah itu, para yachter dijamu makan malam di Gedung Daerah Tanjungpinang. Malamnya, mereka langsung kembali ke Lagoi.
Luki menambahkan, pada 22 Oktober, para yachter akan melakukan pelesir ke Pulau Beralas Pasir, untuk menikmati keindahan alam dan bawah lautnya. Tak ketinggalan, Dispar juga akan mengajak para yachter mengunjungi Sekolah Kapal Jong sekaligus melihat perlombaan tradisional kapal kecil di Desa Teluk Bakau.
“Hari itu, para yatcher dijadwalkan akan ke Tanjungpinang untuk melihat kemeriahan Carnaval Kepri,” katanya. Setelahnya, yachter akan dijamu makan malam di Lagoi Bay. “Besoknya, 23 Oktober baru mereka meneruskan berlayar menuju Sail Sabang,” tukasnya.
Menpar Arief Yahya pun langsung sumringah. Apalagi, puluhan yacht mancanegara tadi disambut dengan pengurusan dokumentasi yang tidak ribet. CAIT, untuk izin masuk yacht ke perairan Indonesia, akan langsung dipraktekkan. Tinggal klik http://yachters-indonesia.id dan mengisi form yang tersedia, para yachter sudah bisa masuk ke Bintan.
“Para yachters langsung diproses bea cukai, imigrasi dan karantina. Hanya membutuhkan waktu 1-2 jam. Apabila dirancang elegan, Bintan bisa menjadi water front city di Kepri. Dan ini menjadi penanda bangkitnya bahari Indonesia dari Kepri,” ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here