Skuad AS Dipastikan Gagal ke Piala Dunia 2018

0
362
Istimewa

LIPUTAN1.COM, AS-Timnas Amerika Serikat dipastikan gagal masuk Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun.

Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia telah berakhir, dan Amerika Serikat dipastikan  gagal masuk putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun. Oleh karena hal itu, Amerika Serikat kini menghadapi banyak pertanyaan tentang kemajuan sepakbola di negara ini.

Dengan kekalahan 2-1 dari Trinidad dan Tobago, AS menyelesaikan babak kualifikasi dengan berada di posisi kelima dari enam tim yang masuk dalam grup CONCACAF.

Meksiko menduduki puncak klasemen, Kosta Rika di tempat kedua dan Panama berada pada peringkat ketiga. Negara Amerika Tengah ini mencapai Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah berkat kemenangan 2-1 atas Kosta Rika, sementara Honduras yang berada di urutan keempat, akan melakoni babak Play off di Australia untuk memperebutkan satu tempat di Rusia tahun depan.

Dampak kegagalan A.S akan dirasakan pula oleh salah satu stasiun TV, Fox Sport, yang telah mengambil alih liputan Piala Dunia yang akan digelar di Rusia tahun 2018 itu dari ESPN dan sejumlah sponsor, seperti Nike.

Dengan gagalnya Amerika Serikat masuk putaran final Piala Dunia 2018, muncul banyak pertanyaan mengenai apakah sepak bola Amerika benar-benar berkembang.

Negara ini tidak tampil di Piala Dunia dari tahun 1954 sampai 1986, namun setelah berhasil masuk putaran final Piala Dunia di Italia tahun 1990 dan kemudian menjadi tuan rumah turnamen itu sendiri pada tahun 1994, sepak bola di Amerika Serikat kian meningkat.

Amerika Serikat mencapai perempatfinal Piala Dunia pada tahun 2002 dan baru-baru ini tampil mengesankan di Piala Dunia yang digelar di Brasil empat tahun lalu dengan masuk ke putaran kedua, menyelesaikan fase grup di posisi pertama di atas Portugal.

“Ini sangat memalukan, dengan jumlah uang yang masuk ke Major League Soccer (Liga domestik A.S), Anda tidak bisa bermain imbang melawan Trinidad? maka Anda tidak pantas pergi ke Piala Dunia,” kata mantan striker timnas AS, Taylor Twellman, ketika menanggapi kegagalan negaranya beralaga di Piala Dunia tahun depan.

“Jika kegagalan ini tidak membangunkan semua orang dari U.S Soccer (Federasi), Major League Soccer, penyiar dan semuanya, maka kita semua gila.”

“Itu seharusnya tidak pernah terjadi dengan miliaran dolar yang masuk ke MLS dan pengembangan sepak bola remaja, tapi memang begitu dan setiap orang harus melihat diri mereka di cermin,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here