Pekerja Wajib Miliki BPJS

0
355
Istimewa

LIPUTAN1.COM, LEBAK-Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lebak Maman Suparman mengatakan pekerja wajib menjadi peserta Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan guna melindungi dari kecelakaan juga memberikan jaminan masa hari tua.

“Kami minta semua pekerja itu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Maman Suparman di Lebak, Selasa, 10/10/2017.

Kewajiban pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sesuai Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS dan Peraturan Pemerintah Nomor 44, 45 dan 46.

Pemerintah daerah mendorong para pekerja baik di kalangan pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta didaftarkan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepesertaan BPJS Ketanagakerjaan itu untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan kerja juga memberikan jaminan masa tua.

Saat ini, banyak pekerja di Kabupaten Lebak belum terdaftar menjadi peserta BPJS Ketanegakerjaan.

Karena itu, pihaknya meminta pengusaha yang mempekerjakan karyawan agar didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami selalui mengimbau kepada pelaku usaha yang mempekerjakan karyawan agar masuk peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk kesejahteraan mereka,” katanya.

Kepala Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten Didin Haryono mengajak para pekerja honorer di lingkungan pemerintah daerah, termasuk perangkat desa, BUMN juga buruh agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sebab, pekerja itu harus memiliki perlindungan dari berbagai risiko kerja juga jaminan masa tua.

“Kami minta pemerintah daerah dan pengusaha agar mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Didin mengatakan pihaknya mengapresiasi Bupati Lebak yang terus mengajak seluruh pelaku usaha agar karyawannya mendaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami berharap semua pekerja itu masuk peserta BPJS Ketenakerjaan sehingga terlindungi dari berbgai risiko kerja, baik dari risiko kecelakaan waktu bekerja, risiko kematian juga mendapat jaminan hari tua,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here