Kenali Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

0
994
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Mungkin banyak orang yang belum tahu seperti apa daun binahong itu. Daun binahong seperti terdengar asing di telinga, namun sebenarnya tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal, terlebih lagi pada bagian daunnya. Berbagai penyakit dapat menggunakan daun binahong, untuk pengobatan alternatif.

Bagian tanaman binahong yang memiliki manfaat dan khasiat yang paling besar dan sering digunakan adalah daunnya, karena dapat mengobati berbagai penyakit. Binahong tergolong sebagai tanaman obat tradisional yang dari dulu hingga sekarang  masih tetap di gunakan. Kepopulerannya terus naik karena manfaat dan khasiat daun binahong yang efektif sebagai obat. Kealamian daun binahong membuat daun inibanyak digunakan sebagai resep pengobatan.

Telah banyak penelitian yang dilakukan, namun  dari penelitian baru-baru ini diketahui ternyata daun binahong mengandung zat antioksidan flavonoid dan senyawa lainnya. Berikut ini ada beberapa manfaat daun binahong untuk kesehatan:

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Rebusan daun binahong berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Manfaat daun binahong dengan senyawanya yang kuat bisa menurunkan kadar kolesterol. Caranya sederhana sekali. Cukup rebus beberapa lembar daunnya dengan air secukupnya. Air rebusan yang dirasa sudah cukup susut dan kental dengan esens daun binahong tinggal di minum saja setelah cukup dingin.

  1. Mengobati sakit maag

Kandungan daun binahong juga dapat menyembuhkan sakit maag. Ramuan untuk sakit maag ini yaitu dengan merebus 3 gelas air dan 5- 7 lembar daun binahong. Air rebusan yang sudah matang diminum sebanyak 3 kali sehari sebelum makan.

  1. Mengobati disentri

Daun binahong berkhasiat untuk mengobati disentri. Untuk mengobati kelainan buang air besar ini bisa dengan membuat ramuan binahong dengan merebus 10 lembar daunnya yang sudah dicuci bersih. Rebus daun tersebut bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa air rebusan hanya sekitar 1 gelas saja. Minum air tersebut dan lakukan treatment ini setiap hari sampai disentrinya sembuh.

  1. Menambah stamina

Kandungan pada daun binahong dapat mengembalikan tenaga dan stamina tubuh yang terkuras akibat bekerja. Rebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal 1 gelas. Minum setiap hari.

  1. Melancarkan haid

Bagi para wanita yang menstruasinya tidak lancar bisa mencoba ramuan binahong untuk mengatasinya. Caranya dengan merebus 3 lembar daun binahong dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga mendidih dan menyisakan air sebanyak 1 gelas. Setelah itu saring dan minum air rebusan tersebut setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here