Kemenpora : Satlak Prima Dipastikan Akan Dihentikan

0
342
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Gatot S Dewabroto mengakui ada wacana untuk menghentikan keberadaan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Hal tersebut diungkapkannya, seperti yang disampaikan oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla, saat menghadiri acara peresmian hitung-mundur (countdown) Asian Para Games 2018, di Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Memang benar apa yang disampaikan oleh Wapres di Kemayoran pada acara countdown Asian Para Games 2018. Tidak semata-mata Kemenpora saja yang menginginkan hal itu, tetapi pemerintah memang ingin me-review keberadaan Satlak Prima,” ujar Gatot di Media Center Kemenpora.

Alasan pemberentian ini setelah melihat hasil dari pembinaan yang dilakukan Satlak Prima yang menempatkan Indonesia di peringkat lima SEA Games 2017 membuat Indonesia kehilangan harapan di Asian Games 2018.

“Sebelum mengambil keputusan itu, kami sudah membahasnya dengan para ahli, kami tidak hanya duduk manis mendengar yang pro-kontra, tetapi kami juga sudah menganalisa SWOT nya,” ujar Gatot.

“Akhirnya kami mengambil kesimpulan, jika persiapan atlet masih menggunakan pola yang sama dengan yang kemarin, maka akan sangat mustahil meraih prestasi di Asian Games 2018,” sambungnya.

Nantinya, keberadaan Satlak Prima akan digantikan oleh institusi lain untuk mengoptimalisasi bantuan kepada PB Cabang-cabang Olahraga.

“Bantuan kepada cabor akan difasilitasi melalui KONI, tentu tujuannya untuk memperpendek birokrasi yang ada. Yang jelas keberadaan KONI nantinya bukan sebagai Satlak Prima versi lain,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here