Kemenpora Kembangkan Potensi Pemuda Islam Dunia

0
325

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Untuk mengembangkan dan mendiskusikan isu-isu mengenai pendidikan  Islam dan kesejahteraan pemuda di negara muslim, Kemenpora menyelenggarakan International Conference on Islam Youth Education 2017.
Perhelatan yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini diselenggarakan sejak 5-9 Oktober di Bandung, dengan para peserta dari 56 negara asal anggota Organization of Islamic Cooperation (OIC).
Perhelatan ini sendiri akan membahas mengenai revitalisasi pendidikan dan peradaban Islam,  peran pemuda melalui pendidikan Islam dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), peran pemuda dalam mengintegrasikan SDGs dengan nilai-nilai Islam, perkembangan pendidikan Islam dalam merespon perubahan dan perkembangan zaman yang terus berkembang dan peran Islam dalam menanggulangi isu terorisme dan radikalisme.
Menurut Sesmen, Gatot S Dewabroto bahwa melalui perhelatan ini memberikan pemahaman akan peran serta Indonesia terhadap kemajuan pendidikan Islam.
“Perhelatan ini dilakukan karena Indonesia tidak hanya negara Islam terbesar di dunia tapi perlu ada peranan yang signifikan, seperti yang terjadi pada masalah Rohingya, dimana Indonesia tidak hanya bersikap kritis, namun ada wujud nyata. Disatu sisi kita juga ingin mengingatkan bahwa Indonesia berperan dalam Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, dimana ada sumbangsih untuk dunia Islam. Terakhir, melalui perhelatan ini kita tidak hanya melakukan diskusi saja, namun ada langkah kedepan, dimana setiap peserta akan memiliki kertas kerja yang perlu dilakukan, seperti masalah pendidikan pemuda Islam, masalah keterbatasan lapangan kerja, dan isu-isu radikalisme,” tutur Gatot di Jakarta, Jumat (6/10).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here