Ideologi Pancasila Harus Menjadi Sikap Nyata di Masyarakat

0
338
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Pemahaman masyarakat tentang ideologi Pancasila tampaknya menjadi perhatian penting untuk bisa direalisasikan secara luas dan nyata, sehingga Pancasila tidak hanya sebagai ritualisasi saja yang kerap didengungkan.

Hal itu menjadi pembahasan dalam seminar refleksi kesaktian pancasila dengan tema aktualisasi nilai-nilai pancasila dalam konteks kekinian yang dilakukan kedeputian bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan LIPI, bekerja sama dengan unit kerja presiden pembinaan ideologi pancasila atau UKP-PIP.

Dalam acara dilaksanakan di lantai 2 ruang auditarium LIPI, Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI, Tri Nuke Puji Astuti, menyampaikan dalam 2 tahun ke depan dapat dipastikan jika Indonesia akan memasuki tahun politik tentunya situasi kembali hangat berkaitan dengan itu tentunya LIPI akan jaga dan kembangkan dari aspek budaya yaitu nilai-nilai pancasila.

“Memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan penelitian ilmiah maupun pengembangan dan pemanfaatan hasil penelitian agar lebih bermanfaat untuk mendorong tranformasi masyarakat ke arah yang lebih baik dan hal ini salah satu riset yang saat ini sedang dilakukan terkait dengan antisipasi dan pencegahan radikalisme agama di Indonesia,” Ungkap Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI, Tri Nuke Puji Astuti kepada wartawan.

“Kami menilai perlu untuk melakukan kajian yang kompersiensif pada persoalan ini agar kita bisa melihat persoalan radikalisme dari berbagai sudut pandang mencakup aspek politik, ekonomi, hukum, sosial dan kebudayaan. Pemahaman secara integratis akan membantu dalam menyusun kelulusan skenario bullding dan prediksi situasi masa depan sehingga bisa menjadi strategi antisipasi radikalisme,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI, Tri Nuke Puji Astuti di Jakarta.

Nuke juga menambahkan jangan sampai pancasila hanya menjadi ritual yang hanya di peringati pada hari kesaktian pancasila atau hanya dibaca saja. Namun, kita harus lebih dari itu, secara bersama-sama kita maknai dan refleksikan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here