Dampak Minum Air Putih Bagi Bayi

0
1099
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Bayi yang masih mengonsumsi ASI (Air Susu Ibu) ekslusif sebenarnya tidak memerlukan air putih. Apalagi jika bayi tersebut belum berusia 6 bulan. Jika memberikan air putih malah membuat mereka sakit.

Dilansir dari laman resmi WHO, bayi yang masih berusia belum genap 1 semester tak memerlukan air putih. Bila dipaksakan malah dapat menyebabkan mereka terkena gizi buruk, diare hingga risiko keracunan air. Supaya lebih jelas, simaklah penjelasan ini,

Keracunan Air

Bila Anda mengencerkan susu formula, hati-hatilah karena bayi akan mempunyai risiko keracunan air. Walaupun jarang terjadi tetapi air putih sangat rawan meracuni bayi karena kadar garam di dalam darah bisa menurun dengan sangat cepat yang pada akhirnya bisa mengurangi keseimbangan elektrolit. Jika sudah begini, bayi akan mudah terkena diare, mual dan berbagai penyakit lainnya.

Gizi Buruk

Bila bayi yang sedang disusui ASI ekslusif diberikan air putih maka ia akan berhenti minum ASI sebelum waktu yang diharuskan untuk berhenti. Jika sudah begini maka ia akan gampang mengalami kekurangan gizi.

Diare

Bisa jadi air putih yang dikonsumsi bayi ternyata tidak bersih atau steril, hal inilah yang dapat membuatnya gampang terserang diare. Karena itulah, jangan berikan air putih sebelum waktunya supaya bisa menghindari berbagai hal yang tidak diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here