Cemilan Sehat, Kurangi Berat Badan

0
359
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Bingung dengan bobot tubuh yang terus melambung, males bekerja, dan sering sakit-sakitan? Mungkin, ada yang salah dengan pola ngemil yang di jalankan selama ini.

Pola makan sehat bukan berarti tidak boleh ngemil sama sekali. Sesekali ngemil biskuit atau cookies boleh-boleh saja asalkan disiplin dalam hal porsi. Letakkan cemilan dalam kantong-kantong ukuran kecil, karena ukuran snack adalah kunci keberhasilan mengontrol ngemil.

Hasil studi menunjukan, orang-orang yang menghindari ngemil malah menjadi terlalu lapar ketika tiba saatnya makan siang dan akhirnya makan berlebihan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah mengubah pola makan 3 kali sehari menjadi 6 kali sehari. 3 menu nasi lengkap dengan porsi sedang, sedangkan 3 lainnya berupa cemilan buah dalam porsi sedang.

Jangan pernah lupakan sarapan lengkap dengan komposisi karbohidrat, protein, dan serat. Para peneliti membuktikan, produktifitas orang-orang yang rutin sarapan dengan lengkap ternyata lebih bagus dibandikan dengan mereka yang cuma sarapan secangkir minuman hangat. Dengan sarapan, tubuh akan siap dengan simpanan energi untuk menghadapi aktivitas sepanjang hari sehingga tidak ingin banyak ngemil setibanya di kantor.

Jika ingin sekali menjajal sejenis keripik yang berlabel bebas lemak, sebaiknya jangan langsung di percaya. Karena, bebas lemak tidak selalu rendah kalori. Tidak sedikit jumlah produk cemilan yang dibumbui pemanis untuk menambah cita rasanya.

Rahasia sukses ngemil sehat terletak pada pilihan nutrisi yang teliti. Buah-buahan seperti jeruk, apel, kiwi, magga dan pir adalah pilihan terbaik untuk cemilan di kantor. Daripada ngemil gorengan yang kaya lemak dan minyak, lebih baik ngemil buah-buahan. Saat ini sudah banyak dijual buah-buahan kering (dry fruit) yang awet di simpan berhari-hari di laci meja kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here