Menpora Lepas 72 Orang Peserta Kirab Pemuda 2017

0
284
Istimewa
LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Menpora Imam Nahrawi melepas sebanyak 72 orang peserta yang akan mengikuti program Kirab Pemuda 2017, untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Berlangsung di Wisma Teater Kemenpora, Senin (25/9) Menpora Imam Nahrawi melepas secara resmi paara peserta terbaik yang lolos dalam seleksi Kemenpora, dan akan mengemban tugas  untuk merangkai perbedaan dan merangkai keanekaragaman dari Sabang sampai Marauke dan dari Miangas sampai Rote.
“Kita akan merangkai itu semua sebagai bangsa besar dan bangsa yang optimis bagi masa depan bangsanya untuk menjadi rujukan dunia. Karenanya, pertemuan siang hari ini agar para peserta mempunyai kesiapan mental, kesiapan spritual dan kesiapan keyakinan bahwa tugas sebagai pesereta Kirab Pemuda tidak mudah. Tugas ini cukup berat, karena di sana kalian akan bertemu dengan berbagai  macam agama, suku, adat istiadat  dan sebagainya,” kata Imam.
Dirinya melanjutkan, tidak hanya mengemban tugas untuk mempererat NKRI, namun para para pemuda juga harus menjadi figur di tengah-tengah masyarakat saat melakoni tugas, dan mampu memberikan kabar gembira kepada seluruh masyarakat yang akan dikunjungi.
“Mulai sekarang kalian harus  meginformasikan keseluruh teman-teman kalian yang ada di masing-masing provinsi tentang pentingnya acara ini. Pengalaman menarik dimanapun dan pemandangan wisata yang bagus di publikasikan melalui medsos, agar semua pemuda Indonesia bisa memahami sekaligus terlibat pada kegaitan yang bagus ini. Mulai saat ini kalian harus punya tagar (#) sendiri, #Berani Bersatu, sebagai rujukan anak muda Indonesia,” tutur Imam.
Sementara Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah menjelaskan, Ke 72 Peserta Inti Kirab Pemuda 2017 telah melalui perjalan panjang sleksi perekrutan yang dimulai dengan usulan 2-3 pasang pemuda yang mendapat rekomendasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga masing-masing provinsi,  yang kemudian melalui seleksi,  baik melalui seleksi dokumen administrasi dan wawancara untuk kemudian ditetapkan sebagai Peserta Inti Kirab Pemuda 20.
“Mereka yang terpilih kemudian dipanggil ke Jakarta untuk melaksanakan pembekalan   selama 3(tiga hari) di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi  DKI. Pembekalan ini bertujuan untuk mempersatukan dan memperbulat tekad dan komitmen seluruh peserta untuk melaksanakan materi seperti Kirab Pemuda 2017,” ujarnya.
Menurutnya, rute perjalanan Kirab ini terbagi atas dua zona yang pertama dimulai dari Zona Miangas bergerak menuju Sabang hingga ke Blitar dan Zona Kedua yang dimulai dari Kota Rote Ndao di NTT bergerak menuju Merauke dan berakhir di Blitar. Blitar akan menjadi titik akhir dari pelaksanaan kegiatan Kirab Pemuda 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here