Jokowi Resmikan Penggunaan Tol Bawen – Salatiga

0
326
Istimewa

LIPUTAN1.COM, SALATIGA-Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Beliau secara resmi membuka Ruas jalan Tol Bawen-Salatiga yang membentang sepanjang 17,6 km pada Senin (25/7/2017) petang dengan ditandai penekanan tombol sirine.

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia kini tengah mengejar ketertinggalan dari negara lain khususnya di bidang infrastruktur, pembangunan infrastruktur harus dipercepat guna meningkatkan mobilitas barang dan manusia.

“Bila mobilitas barang dan orang lebih cepat, maka barang-barang akan lebih murah,” ujar Jokowi.

Dalam acara tersebut, Jokowi menargetkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk dapat membangun infrastruktur khususnya jalan tol sepanjang 1.200 kilometer dalam lima tahun, terhitung sejak 2014 hingga 2019 mendatang.

“Di China atau di Tiongkok dalam setahun bisa membangun 4.000 sampai 5.000 kilometer per tahun. Setelah saya berkoordinasi dengan Pak Menteri (Basuki) dan Bu Menteri (Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarno), kita wajib bangun 1.800 kilometer jalan tol baru,” ucapnya.

Jokowi menilai bahwa masalah utama selama pembangunan jalan tol di Indonesia adalah pembebasan lahan, dan pihaknya kini terus mencari segala cara untuk menyelesaikannya.

“Sekarang masalahnya sudah ketemu. Kalau tanah sudah bebas konstruksi mau berapa kilometer pun bisa jadi ini yang terus kita kejar,” kata Jokowi.

Dulu Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang beroperasi pada 1977, banyak negara-negara yang melihat bahkan mencontohnya. Namun saat ini, Indonesia justru tertinggal dari negara lain terkait jumlah panjang jalan tol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here