Status Awas, Pura Besakih di Bali ditutup

0
466
Istimewa

LIPUTAN1.COM, BALI-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Agung dari Siaga menjadi Awas pada Jumat (22/9/2017). Radius aman sekitar 9 km dari puncak gunung agung yang harus steril, wilayah tersebut termasuk tempat wisata Pura Besakih.

Pura Besakih sendiri berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III dengan radius kurang dari 6 km dari puncak gunung Agung.

“Melihat perkembangannya kalau di radius itu (Pura Besakih) tak boleh ada kegiatan, wisatawan tidak boleh masuk. penduduk saja tidak boleh apalagi wisatawan. Resikonya tinggi,” ujar Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, Jumat (22/7/2017).

I Wayan Artha Dipa menjelaskan untuk objek wisata yang lain di wilayah Karangasem tetap aman dikunjungi. Seperti, objek wisata Candi Dasa, Taman Ujung, Tulamben masih bisa dikunjungi karena lokasinya sangat jauh dari Gunung Agung. Sedangakan mengenai persembahyangan, hal itu bisa dilakukan warga di pengungsian sampai kondisi kembali normal dan aman.

“Aktivitas sembahyang di Pura Besakih ditutup, untuk persembahyangan sesungguhnya bisa dilakukan di pengungsian. Secara objek wisata lainnya aman. Cuma nanti kalau terjadi erupsi tentu ada pengaruhnya,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here