Nilai Tukar Rupaih Menguat, Rp13.339 per dolar Amerika Serikat

0
497
Nilai Tukar Rupiah

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat pagi bergerak menguat sebesar 14 poin atau menjadi Rp13.325 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.339 per dolar Amerika Serikat (AS).

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Jumat(22/9) mengatakan bahwa rupiah masih bergerak di area positif menyusul kebijakan The Fed yang mempertahankan suku bunga acuannya.

“Namun, penguatan rupiah relatif terbatas menyusul pernyataan hawkish pejabat The Fed mengenai peluang kenaikan bunga pada akhir tahun ini,” katanya.

Selain itu, lanjut dia The Fed juga akan melakukan progam pengurangan obligasi, kondisi itu dapat membuat pasokan dolar AS di pasar menjadi berkurang.

Ia mengharapkan bahwa Indonesia yang memiliki predikat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga pemeringkat internasional, yakni Moody’s, Fitch’s dan Standard and Poors (S&P) dapat menjaga kinerja obligasi di dalam negeri.

“Diharapkan sentimen peringkat layak investasi dapat menjaga optimisme investor terhadap Indonesia sehingga laju rupiah dapat melanjutkan apresiasi,” katanya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menambahkan bahwa hasil pertemuan The Fed pada 20 September lalu memutuskan suku bunga acuannya (Fed Fund Rate/FFR) tetap pada 1,25-1,5 persen tetapi mensinyalkan akan segera mengurangi posisi neracanya mulai Oktober mendatang sebesar 4,5 miliar dolar AS.

“Selain mengurangi neracanya, The Fed diperkirakan masih akan menaikkan suku bunganya satu kali lagi pada tahun 2017 ini. Gubernur The Fed mensinyalkan ekonomi AS akan berlanjut menguat,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here