Amien Rais Tidak Setuju Dengan Pembaharuan Film G30S/PKI

0
550
Istimewa

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, curiga dengan niat Presiden Joko Widodo yang ingin film G30S/PKI dibuat lebih milenial, disesuaikan dengan generasi sekarang.

“Sejarah tidak bisa diputar balik, nggak boleh, itu sudah berdasarkan research,” kata Amien Rais di Hotel Mercure Ancol, Kamis (21/9).

“Jadi Arifin Noer (sutradara film G30S/PKI) tidak main-main (bikin film). Jadi saya curiga kalau dia (Jokowi) mau buat film yang baru, saya curiga sekali,” lanjutnya tanpa menjelaskan soal kecurigaannya.

Politikus PAN ini meminta Jokowi untuk tidak memberikan kesempatan kepada PKI untuk bangkit lagi di Indonesia. Kemudian, Amien Rais menyinggung seorang anggota Dewan perempuan yang berbicara mengenai kebangkitan PKI. Amien ingin Jokowi segera bertindak.

“Anggota DPR yang perempuan itu sudah mengatakan sekarang 20 juta PKI mau bangkit, itu diam saja. Sementara HTI dibubarkan. Itu Jokowi kayak gitu ya, ini harus jalan, yang menentang (pemutaran film G30S/PKI) itu pasti PKI, yang tidak setuju ini diputar pasti PKI,” ujar Amien.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengatakan tidak keberatan jika masyarakat menggelar acara nobar film G30S/PKI. Namun, Jokowi berharap ada film mengenai PKI tersebut yang dibuat sesuai dengan generasi milenial.

“Untuk anak-anak milenial tentu saja mestinya dibuat lagi film yang memang bisa masuk ke mereka,” kata Jokowi di Magelang, Senin (18/9).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here