Tips Menjaga Kesehatan Sperma

0
759
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Salah satu yang menjadi tujuan utama setelah menikah adalah untuk memperoleh keturunan. Karena hadirnya anak ini dapat meningkatkan rasa kasih sayang serta kebahagiaan dalam keluarga tersebut. Namun sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang berkembang saat ini, banyak pasangan yang mulai mengabaikan atau mungkin kurang paham tentang pentingnya menjada kesehatan reproduksi. Padahal kesehatan reprodukai bukan hanya untuk cewek saja, tetapi untuk cowok juga penting.

Nah untuk para cowok, seharusnya menjaga kesehatan reproduksi dan kualitas smpermamu dijaga sejak remaja. Berikut ini beberapa tips untuk menjaganya.

1. Apapun alasannya, menghindari dari rokok adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan supaya sperma selalu sehat.

Karena faktanya, kebiasaan merokok merupakan penyebab kemandulan nomor satu yang pernah ada di dunia.

2. Selain rokok, cowok juga wajib menjauhi alkohol yang secara langsung bisa mempengaruhi fungsi testis.

Tidak hanya menjauhi kebiasaan merokok saja, tetapi juga menjauhi alkohol. Selain dapat merusak otak dan tubuh, ternyata alkohol juga dapat merusak organ reproduksi lho. Sperma yang dihasilkan akan berkurang dan kualitasnya juga akan menurun.

3. Kamu juga perlu menjaga kesehatan makanan yang dikonsumsi mulai dari sekarang.

Walaupun saat ini kamu masih remaja, kamu harus sudah mulai melakukan diet makanan sehat dan seimbang demi kesehatan spermamu di masa depan. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang berpengawet karena makanan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan sperma. Lebih baik pilih buah dan sayuran serta ikan dan daging untuk menjaga keseimbangan seluruh organ tubuh.

4. Usahakan untuk menjaga berat badan di angka ideal demi kesehatan reproduksi.

Kamu juga harus mengukur berat badan setiap bulan untuk mengetahui apakah ada kenaikan berat badan yang berarti atau tidak. Selain itu, ukur juga tinggi badanmu supaya kamu tahu berat badan ideal yang harus kamu capai. Mulailah untum mengurangi berat badan kalau memang berat badanmu sudah di atas normal dan usahakan untum menambahnya jika masih di bawah angka normal.

5. Olahraga itu perlu, salah satunya kamu bisa mencoba yoga yang terbukti mampu menjaga kualitas sperma.

Tidak hanya menjaga pola makan dan diet yang seimbang saja, kamu juga perlu melakukan olahraga fisik untuk menjaga sistem reproduksi. Olahraga seperti yoga todak hanya diperuntukkan untuk cewek saja, tetapi cowok juga dapat melakukannya. Yoga merupakan salah satu olahraga yang dapat menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran yang berujung pada kesehatan sperma.

6. Kamu juga perlu mengkonsumsi minuman berenergi untuk menujang aktivitas harianmu.

Yang dimaksud minum energi di sini bukan minuman kemasan yang dijual di pasaran, tetapi minuman yang terbuat dari ekstrak tumbuhan yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma, misalnya wedang jahe.

7. Dan terakhir, hindari onani mulai dari sekarang.

Walaupun di usia yang masih remaja dan jauh dari aktivitas hubungan seksual yang sebenarnya, namun sebaiknya kamu tidak melampiaskan hasrat seksual dengan cara onani. Diketahui ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh, termasuk sperma, jika aktivitas ini dilakukan terlalu sering. Tidak hanya membuat kesuburan sperma menjadi menurun, onani juga bisa membuat kamu terkena resiko ejakulasi dini setelah menikah nanti. Lebih baik tunggu sampai kamu mengalami mimpi basah secara normal ketimbang melakukan onani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here